/>https://maswashliyah.blogspot.com DAURAH HADITS ARBAIN AN-NAWAWIYAH ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

Sabtu, 04 Mei 2024

DAURAH HADITS ARBAIN AN-NAWAWIYAH

 


Program pemberian sanad kitab Hadits Arba'in An-Nawawi.
Daurah bersanad kitab hadits Arba'in An-Nawawi program khusus untuk kelas XII MAS Al Washliyah Pakam  Angkatan ke II.
Kegiatan ini dipersembahkan MAS Al Washliyah Pakam khusus untuk peserta didik yang memiliki minat mendapatkan ijazah sanad hadits Arba'in An-Nawawi yang dibimbing langsung oleh kepala Madrasah buya Jafar S. Ag, M.Ag.
Para peserta didik tidak hanya hafal 42 hadits mereka juga memahami maknanya sehingga layak untuk mendapatkan ijazah untuk diamalkan dan diajarkan kepada yang lain.
Perguruan Al Washliyah selalu hadir memberikan yang terbaik untuk Negeri ini.
.

Meski bernama Arba’în (berarti 40), kitab ini tak memuat hadits dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadits. Hadits-hadits tersebut berkaitan dengan pilar-pilar dalam agama Islam baik ushul (pokok) maupun furu’ (cabang), serta hadits-hadits yang berkaitan dengan jihad, zuhud, nasihat, adab, niat-niat yang baik dan semacamnya.

Hadits-hadits dalam Arbaîn Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam, atau setengahnya, atau sepertiganya berlandaskan pada hadits-hadits dalam kitab ini. Sebagaimana disebutkan dalam mukadimah kitabnya, Imam Nawawi termotivasi dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas’ud, Mu’adz bin Jabal, Abu Darda, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Anas bin Malik, Abu Hurairah, dan Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhum, dari banyak jalur riwayat yang berbeda-beda:

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa pun di antara umatku yang menghafal empat puluh hadits terkait perkara agamanya, maka Allah akan membangkitkannya pada hari kiamat bersama golongan fuqaha dan ulama.”


Baca : Pendaftaran Siswa Baru MAS Alwashliyah Desa Pakam Tahun Pelajaran 2024/2025

0 comments:

Posting Komentar