/>https://maswashliyah.blogspot.com Juli 2024 ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

PUISI OLEH MUHAMMAD RIFAL AZHARI

MADRASAH ALIYAH ALWASHLIYAH DESA PAKAM MENERIMA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sabtu, 20 Juli 2024

GALERI FHOTO PENUTUPAN MATSAMA MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 2024-2025

 










Jumat, 19 Juli 2024

MATSAMA SISWA BARU MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 2024 DIGELAR


Desa Pakam, 19 Juli 2024. Peserta Didik Baru MAS Alwashliyah Desa Pakam Tahun Pelajaran 2024 / 2025 berjumlah lebih kurang 100 siswa mengikuti MATSAMA ( Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) bertema '' Menjadikan Generasi Unggul yang Berwawasan Global Sebagai Wujud Profil Pelajar Pancasila'' yang berlangsung di kompleks Alwashliyah Desa Pakam, Jumat s.d Sabtu , (19-20/07/2024).
MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, dan tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.
Acara MATSAMA dibuka secara resmi oleh Ka.MAS Alwashliyah Desa Pakam, Japar, M,Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa MATSAMA adalah bagian dari kegiatan yang wajib dilalui oleh setiap siswa baru madrasah dalam rangka untuk mengenal lebih dalam tentang profil madrasah dam menumbuhkan rasa cinta, rasa memiliki madrasah, sekaligus menumbuhkan semangat dalam mencapai cita-cita para siswa baru. 



Dalam rangka ikut menjaga dan merawat madrasah tercinta, Muhammad Aswan, SPdI selaku Tenaga Pendidik  ikut menyampaikan materi Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran pada acara Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah), salah satu diantaranya Siswa harus Merasa memiliki sebagai tanggung jawab didalam lingkungan madrasah sikap ini perlu disampaikan, agar supaya siswa baru bisa menjaga apa saja yg ada didalam lingkungan madrasah, karena semua yg ada di lingkungan tersebut sudah menjadi bagian dari dirinya.
Lebih lanjut Muhammad Aswan, SPd mengatakan  fasilitas belajar merupakan suatu alat atau pelengkap dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa maupun guru dengan tujuan untuk memperlancar ataupun memudahkan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Fasilitas berfungsi untuk tempat terselenggaranya proses pendidikan. Fasilitas belajar sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar karena semakin lengkap fasilitas yang dimiliki maka akan mempermudah kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan MATSAMA dilaksanakan dari tanggal 19 Juli s/d 20 Juli 2024 Materi pertama Moderasi beragama ( ukhuwah Islamiyah, islam rahmatan lil alamin ) disampaikan oleh Rusdi Hasibuan, SHI. Materi Kesiswaan Pengenalan tentang Aljamiyatul Washliyah dan materi-materi lain. Pemateri lain terdiri dari H. Al-Asari, S.Ag, MSi, Ade Hamid Al-Faridho, S.Sos. dan Farihin Abdillah Fattah, SE. 
Pengarah dan pelaksana kegiatan dari Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Alwashliyah Kecamatan Medang Deras, yang terdiri dari Ketua, Muhammad Khairul Rofa'i, Nurul Izzati, dan kawan-kawan .

PENYULUHAN HUKUM OLEH POLRES BATU BARA DI MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM



 Desa Pakam, 19 Juli 2024

MAS Alwashliyah Desa Pakam mendapat kunjungan dari Satnarkoba Polres Kabupaten Batu Bara. Kunjungan yang dilakukan adalah dalam rangka penyuluhan hukum kepada siswa /siswi perguruan Al Washliyah Al Jam'iyatul Washliyah di Desa Pakam Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara. Jumat (19/07/2024). 

Acara yang dilaksanakan di aula MAS Alwashliyah Desa Pakam di mulai dengan pembacaan doa oleh Japar, M.Ag, Kepala MAS Alwashliyah Desa Pakam.



Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Al Washliyah Kabupaten Batu Bara Al Ustadz Al Asari, S.Ag, MSi. Dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi dengan diadakannya kegiatan penyuluhan hukum tentang penyalahgunaan narkoba kepada pelajar ini sangat kami inginkan sebagai bentuk penguatan terhadap komitmen alwashliyah,

Kami dari Al Washliyah mendukung gerakkan yang dilakukan oleh Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, untuk memberantas narkoba dan judi sehingga kita punya lembaga pendidikan dapat dijadikan sarana berkolaborasi dengan ke Polisian Polres Batu Bara.



"Barang siapa yang memberikan informasi bandar sabu sebanyak 10 kilo, Kami akan berikan imbalan sekolah gratis sampaik kuliah,"  ucap kasat Narkoba. 

"Dan diharapkan, informasikan sekecil apapun tentang narkoba kepada kami, apabila adek-adek mengetahui dengan adanya pengedaran narkoba tidak melaporkan akan dikenakan pidana."

"Makanya kami harapkan adek-adek dapat melaporkan jangan takut kami akan melindunginya."



Selanjutnya Kanit II Narkoba Ipda Harry Putra Nasution sebagai narasumber menyampaikan bahayanya narkoba dan jenis serta dampak pidana bagi pengguna dan pengedar Narkoba, sehingga perlunya ditingkatkan kesadaran kepada masyarakat, serta jangan tergoda dengan pengaruh negarif lingkungan, ujarnya. 

Kejahatan Narkoba ini butuh proses panjang untuk menangkap pelakunya, ada regulasi UU yang dipatuhi, tidak asal-asalan, pelaku yang tertangkap tangan dengan barang bukti dan petunjuk kuat, itu dapat dimasukan penjara, paparnya. 

Ada prosedur penangkapan ada prosedur penahanan, masalah membuktikan orang bersalah adalah pengadilan, namun dapat diberikan pembelaan pemakai atau pengedar pemasok sebagai warga Negara yang diatur UU, jadi ada regulasi dalam semua prosesnya.

Kamis, 18 Juli 2024

SUCI RAHMADHANI RAIH JUARA I KSM TINGKAT KAB. BATU BARA 2024

Fhoto : 
Suci Rahmadhani Bersama Kakan Kemenag Batu Bara, H. Sakoanda Siregar, S.Ag dan Ka. MAS Alwashliyah Desa Pakam.

Desa Pakam, 18 Juli 2024
Alhamdulillah, salah seorang siswa MAS Alwashliyah Desa Pakam, Suci Rahmadhani, meraih juara I KSM Tingkat Kabupaten Batu Bara Tahun 2024. Bidang Studi yang diikuti adalah Matematika Terintegrasi. Mudah-mudahan sukses untuk KSM  tingkat Propinsi yang akan dilaksanakan 19 - 22 Agustus 2024.

 

LATIHAN DASAR DISPLIN MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 2024



Desa Pakam, 18 Juli 2024

Sekitar 100 siswa baru MAS Alwashliyah Desa Pakam mengikuti kegiatan Latihan Dasar Disiplin. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 17 sampai dengan 18 Juli 2024. Pelatih yang mengarahkan kegiatan tersebut sengaja diundang dari Komando Rayon Militer Kecamatan Medang Deras.



Adapun tujuan pelaksnaan kegiatan ini dalam rangka untuk membangun kesadaran bagi para siswa untuk medisplinkan diri dimanapun berada. Selain itu diberikan bekal dasar tentang kewajiban mencintai tanah air NKRI. Diharapkan para siswa memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan bela negara dalam rangka melanjutkan perjuangan para pahlawan.