/>https://maswashliyah.blogspot.com BAGAIMANA ANDA MEMBACA BUKU ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

Jumat, 20 April 2018

BAGAIMANA ANDA MEMBACA BUKU


Buku sebagai Guru

Banyak yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Betul sekali, buku adalah jendela dunia. Dengan membuka buku berarti Anda membuka jendela dunia. Anda bisa melihat keluar, sesuatu yang baru atau pemandangan yang berbeda dengan apa yang ada di rumah kita. Manfaat buku banyak sekali. Buku juga merupakan guru terbaik, yang paling sabar dan tak pernah marah. Semakin banyak seseorang berinteraksi dengan buku maka semakin banyak informasi dan pengetahuan yang dapat diperoleh.

Tehnik membaca efektif.

Mengetahui cara membaca yang efektif menjadi mutlak diketahui oleh setiap orang. Sehingga hasil dari proses membaca dapat dimiliki secara maksimal. Berikut cara membaca yang efektif : yaitu dengan menggunakan rumus

SQRRR = Survey, Question, Read, Repeat, dan Resume.

Survey = survey judul dan pengarang, penerbit dan tahun terbit. Kata pengantar dan daftar isi rangkuman dan referensi akan mempengaruhi semangan untuk membaca. Dengan ini kita dapat mengetahui kualitas sebuah buku. Jangan melihat buku hanya dari tampilan covernya saja. Jangan lupa juga mencari resensi tentang buku yang bersangkutan.

Question = buat pertanyaan yang ingin dicari jawabannya.

3 R = (Read, Repeat, Resume) baca,ulangi dan simpulkan isinya.
(jpr)

0 comments:

Posting Komentar