/>https://maswashliyah.blogspot.com ACARA KHUTBAH TA'ARUF 2019/2020 MAS ALWASHLIYAH PAKAM ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

Kamis, 05 September 2019

ACARA KHUTBAH TA'ARUF 2019/2020 MAS ALWASHLIYAH PAKAM


Sabtu  (31/08/2019) MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM menyelenggarakan Khutbah Ta’aruf. Khutbah Ta’aruf merupakan acara rutin tahunan untuk menyambut para santri baru. Adapun tema Khutbah Ta’aruf pada tahun ini adalah “Mewujudkan Generasi Berotak Brilian”. Acara ini dihadiri oleh asatidz Pimpinan Cabang Alwashliyah Medang Deras, Ustadz Al-Asyari, S.Ag, MSi, siswa  baru berserta walinya. Terlihat wali santri sangat antusias mendampingi putranya mengikuti Khutbah Ta’aruf di Halaman Komplek MAS Alwashliyah Desa Pakam . Sebelum acara dimulai,  dan penampilan siswa  dari untuk menyambut para hadirin yang berdatangan memasuki lokasi acara .

Pembawa acara khutbah ta’aruf mengawali acara ini dengan membaca kalimat basmalah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an  Surat as-Shaf  oleh siswa MAS Alwashliyah Desa Pakam . Acara berikutnya yaitu sambutan dari Ketua Panitia  Acara oleh Ketua Ikatan Pelajar Alwashliyah, Audio Tara. Kepada para siswa yang diterima diharapkan bisa menjalankan amanah  untuk menjadi siswa   yang baik. Audio Tara  juga menyampaikan selamat datang kepada para siswa baru  dan menyampaikan permohonan maaf bila dalam pelaksanaan Khutbah Ta’aruf ini masih terdapat kekurangan.

Sambutan selanjutnya dari Pimpinan Cabang Alwashliyah Desa Pakam, Al-Asari, S.Ag, MSi . Beliau menyampaikan bahwa kegiatan tholabul ‘ilmi di MAS Alwashliyah Desa Pakam ini sudah relatif baik sudah sangat baik dengan didukung beberapa fasilitas dan sarana dan prasarana. Beliau mengharapkan kepada para santri yang diterima, semoga dapat menjadi anak yang berotak brilia.  yang bisa mengamalkan isi al-Qur’an. Selanjutnya sambutan yang mewakili orang tua siswa . . Beliau berpesan kepada siswa baru supaya meluruskan tujuan dalam belajar. Semoga para siswa bisa menjadi  golongan orang-orang sholih, dan bisa mendekatkan diri kepada Allah. 
Acara inti dari Khutbah Ta’aruf ini adalah khutbah ta'aruf yang di sampaikan kepala madrasah, Japar, S.Ag. Beliau menyatakan bahwa para siswa tidak cukup hanya berotak brilian, tapi lebih dari itu setiap siswa mesti memiliki adab. Karena adab dapat diaplikasikan dalam setiap sendi kehidupan dan sekaligus dapat diterima. Beliau menyebutkan ciri siswa yang erotak brilian dan beradab yaitu mereka yang memiliki sifat berani, cerdik (bijaksana) tawadhu', sabar, dan gigih. Dalam khutbah itu juga beliau menyatakan bahwa para orangtua memperbaiki niat ketika memasukkan anaknya ke madrasah Aliyah Alwashliyah Desa Pakam. Hal ini disebabkan banyak sekarang orang tua bersifat pragmatis. Menyekolahkan anaknya hanya agar  mudah mencari pekerjaan. Mendidik dan memberikan pendidikan anak bukan pilihan melainkan kewajiban yang mesti dilakukan setiap muslim. Dan tujuan akhir dari proses pendidikan tidak lain untuk menhdapatkan mardhatilla. 

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis siswa-siswi baru tahun pelajaran 2019/2020 kepada madrasah yang ditandai dengan penyerahan balai-balai.

Ahlan wa sahlan para SISWA BARU MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM .  Semoga langkah kita untuk menjadi calon keluarga Allah selalu diridhoi dan diberkahi.

0 comments:

Posting Komentar