This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

SHIBGHAH DAN WIJHAH ALWASHLIYAH

Oleh: Dr. H. M. Rozali, MA

A. Pendahuluan

Manusia terbaik adalah manusia yang lahir dan batinya telah tercelup dengan Shibghah Allah. Akidah Islam adalah larutan pencelup yang akan mewarnai akal, hati dan emosi manusia terbaik. Sehingga cara berfikir, berkeyakinan dan bersikapnya hanya diwarnai dengan satu warna yang tegas yaitu Tauhid. Syariat Islam adalah larutan pencelup yang akan mewarnai perbuatan atau langkah manusia terbaik. Sehingga perbuatannya hanya diwarnai dengan satu warna yang jelas yaitu Syariat. Terbitlah manusia terbaik dalam bimbingan wahyu Ilahi, yaitu manusia yang memiliki satu warna yaitu Islam.

Begitu juga dengan para kader Al Washliyah yang telah dilahirkan dari rahim organisasi ini adalah manusia-manusia terbaik yang mampu membawa Shibghah Al Washliyah dalam kehidupan pribadi, keluarga maupun masyarakat luas. Shibghah inilah yang akan membedakan siapa kader militan dan loyal terhadap organisasi Al Washliyah, karena shibghah ini sudah melekat pada dirinya dan mengalir dalam darah hijaunya. 

Karena sudah merupakan jati diri dan dianggap penting maka Dewan Fatwa Pengurus Besar Al Jam’iyatul Washliyah merumuskan Shibgah Al Washliyah yang merupakan ciri dari para kader Al Washliyah. Rumusan shibghah yang terbaru diputuskan pada sidang Dewan Fatwa Al Washliyah di arena Musyawarah Kerja Nasional Al Washliyah I pada tanggal 30 Januari sampai 1 Februari 2020 di Bogor.

Pertanyaan yang paling menarik untuk dibahas adalah bagaimana implementasi pengamalan shibghah ini dikalangan kader dan anggota Al Washliyah? Melihat banyaknya ketidaksingkronan pengamalan dari pada shibghah, wijhah dan khittah Al Washliyah dengan pengamalan dalam menjalankan eksistensi organisasi ini terutama pada lembaga pendidikan.

B. Shibgah Al Jam’iyatul Washliyah

Shibghah secara bahasa berarti celup, warna, dan kepribadian. Iman kepada Allah tanpa disertai kemusyrikan. Sedangkan shibghah Al Washliyah dimaksudkan sebagai ciri-ciri yang menjadi jati diri dan kepribadian anggota, kader, dan para pemimpin Al Washliyah.

Pada dasarnya manusia itu tidak hanya dicelup oleh satu warna saja, tetapi beragam. Warna-warni itu dapat dilihat dari firman Allah SWT:

... وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ صِبْغَةً...

Artinya: Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya (selain) daripada Allah?

 

Sebagaimana tujuan Allah menciptakan manusia, yaitu agar manusia menjadi hamba Allah yang sukses dalam mempersembahkan pengabdiannya kepada Allah. Maka hanya manusia yang sudah ter-shibghah dengan shibghah Allah-lah yang akan mampu dan sanggup menjadi hamba Allah.

...وَنَحْنُ لَهُ عَابِدُونَ.

Artinya: Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.

 

Begitu juga dengan anggota dan kader Al Washliyah, yang barangkali tidak hanya tercelup oleh satu warna Al Washliyah saja. Hal ini bisa terjadi karena banyak mengikuti organisasi lain dan sebagainya. Warna ini terkadang ikut mewarnai kepribadiannya di saat sudah memimpin lembaga pendidikan Al Washliyah. Warna ini bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif.

Akan tetapi ada juga kader Al Washliyah yang tidak melarutkan diri dalam shibghah Al Washliyah. Sehingga menjadi manusia yang ingkar kalau dalam bahasa Alquran, manusia yang tidak mengikuti shibghah Allah digolongkan sebagai kafir. Tidak bertauhid dan tidak mau diatur oleh aturan Islam. Manusia seperti ini adalah manusia yang membenci Islam, anti-Islam bahkan phobia Islam.

Dalam kehidupan sehari-hari tidak ada salahnya untuk menjalin hubungan dengan berbagai organisasi, selain bertujuan untuk menjalin silaturrahim juga untuk membangun relasi. Akan tetapi sedikit akan menjadi rancu kalau berbagai warna ini ikut terbawak ke dalam organisasi Al Washliyah terutama ketika menjadi seoarang guru, pimpinan lembaga pendidikan maupun pimpinan organisasi ini. 

Sebab kondisi seperti ini sama dengan mencampuradukan berbagai warna dalam lahir dan bathinya, sehingga menjadi manusia yang pecah kepribadiannya atau berkepribadian ganda. Sebagai contoh manusia yang mengaku agamanya Islam, tetapi cita-citanya kapitalisme atau sosialisme; Agamanya Islam, tetapi tidak mau diatur oleh hukum Islam bahkan phobia Islam; Agamanya Islam, tetapi pemimpinnya bukan orang Islam yang tunduk pada ketentuan Allah; Agamanya Islam, tetapi anti Islam.

Hari ini Al Washliyah memerlukan anggota, kader dan pimpinan lembaga pendidikan yang benar-benar telah ter-shibghah oleh shibghah Al Washliyah, bukan hanya kepribadian akan tetapi hati dan pikirannya. Kader yang selalu berpikir untuk Al Washliyah, cinta dengan Al Washliyah, cita-citanya memajukan dan mengembangkan Al Washliyah, menjalankan ketetapan dan aturan-aturan yang berlaku di Al Washliyah, pemimpin-pemimpinnya menjadi tauladan dan panutan bagi anggota dan kader Al Washliyah, perjuangannya perjuangan suci Al Washliyah yang tidak mengharap imbalan dan pujian dari manusia, Al Washliyah seratus persen. Inilah anggota, kader dan pimpinan organisasi Al Washliyah yang telah ter-shibghah dengan shibghah Al Washliyah.

Berikut ini adalah hasil rumusan tentang Shibghah Al Washliyah yang diputuskan Dewan Fatwa Al Washliyah:

1. Istiqomah, yaitu pendirian yang teguh, kokoh dan tidak berubah sedikitpun oleh kesulitan dan tantangan dalam menegakkan tauhid yang benar dan memperjuangkan tujuan Al Washliyah.

2. Kesalehan, yaitu tetap berbuat yang baik kapan dan di mana saja, baik dalam ibadah maupun dalam muamalah, sehingga terciptalah kesalehan ritual, intelektual, dan sosial.

3. Shilah, yaitu senantiasa memelihara hubungan dengan Allah, dan hubungan dengan manusia.

4. Akhlakulkarimah, terhadap Allah, dan pergaulan sesama manusia, hubungan dengan makhluk lain dan lingkungan hidup.

5. Mujahadah, yaitu berbuat dan bekerja keras dalam mewujudkan tujuan Al Washliyah.

6. Madaniah, yaitu upaya dalam mengembangkan ilmu, politik, sosial, dan ekonomi untuk kesejahteraan umat.

 

Salah satu agenda penting yang selalu dibahas dalam muktamar adalah masalah pendidikan. Al Washliyah yang fokus pada pendidikan, dakwah dan sosial merasa perlu mengevaluasi sistem pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman. “Kita ingin mengembalikan shibghah pendidikan Al Washliyah”.

Sejauh ini di lembaga pendidikan Al Washliyah masih banyak siswa yang kurang mendapat porsi pendidikan karakter melalui pendidikan agama. Jika dibandingkan dengan alumni sekolah dan madrasah Al Washliyah pada masa lalu lebih menguasai kitab kuning di samping penguasaan ilmu-ilmu modern. Berbeda dengan kondisi hari ini yang sangat mengkuatirkan bahwa para siswa Al Washliyah kesulitan untuk memahami kitab kuning dan mengikuti seleksi perguruan tinggi Islam seperti di Universitas Al Azhar, Mesir.

Fenomena munculnya generasi bebas di tengah masyarakat sedikitnya berimbas kepada kehidupan pelajar maupun kader Al Washliyah, hal ini terjadi karena tidak memiliki ikatan spiritual yang kuat. Pengurus Besar Al Washliyah sangat mengharapkan ada alokasi waktu untuk penambahan muatan pelajaran agama “Kami usulkan agar ada penambahan alokasi waktu untuk pelajaran agama di sekolah”.

Selain pelajaran yang bermuatan agama Islam juga perlu ditingkatkan pengenalan terhadap shibghah Al Washliyah, hal ini dianggap penting karena bertujuan sebagai usaha peningkatan kualitas tenaga pendidik di lembaga pendidikan Al Washliyah yang mencapai 1200 lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Peserta didik hari ini adalah kader Al Washliyah yang akan menjadi pemimpin organisasi dan lembaga pendidikan Al Washliyah pada masa yang akan datang. Jika tidak diberikan pengenalan dan pemahaman terhadap shibghah Al Washliyah maka ini akan menjadi suatu masalah besar. Akan banyak pimpinan lembaga pendidikan Al Washliyah yang mengaku sebagai kader Al Washliyah dan pernah menimba ilmu di berbagai lembaga pendidikan Al Washliyah. Tapi dalam dirinya tidak mengalir darah Al Washliyah yang terpancar dari pengamalan shibghah Al Washliyah.

 

C. Wijhah Al Jam’iyatul Washliyah

Wijhah secara bahasa diartikan sebagai arah dan tujuan. Setiap umat memiliki wijhah tersendiri. Secara istilah wijhah adalah perbedaan millah (agama) bagi setiap kaum Yahudi dan Nasrani. Setiap para nabi mempunyai satu wijhah yang sama, yaitu Islam. Sekalipun berbeda dalam sisi yuridis (hukum), sebagaimana dimaksud firman Allah SWT: 

...وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا...

Artinya: …Untuk tiap- tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang...

 

Tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai, misalnya belajar bertujuan untuk memperoleh ilmu. Tujuan hidup kita antara lain untuk mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat. Begitu juga dengan organisasi Al Washliyah, berdirinya organisasi ini memiliki tujuan yang sangat mulia. Tujuan utama pendirian Al Washliyah ialah berusaha menunaikan tuntunan agama Islam.

Dari tujuan tersebut maka dirumuskan beberapa program kerja berdasarkan kesepakatan bersama yang meliputi bidang dakwah, pendidikan, jurnalistik, perpustakaan, fatwa, kaderisasi dan sosial. Untuk merealisasikan tujuan pendidikan tersebut Al Washliyah menyediakan lembaga formal dan memiliki kurikulum pendidikan yang jelas.

Dalam anggaran dasar Al Washliyah pasal 4 disebutkan ada tiga tujuan Al Washliyah, yaitu:

  1. Mengamalkan ajaran Islam untuk kebagiaan dunia dan akhirat.

  2. Mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, aman, damai, adil, makmur dan diridhai Allah SWT dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila.

  3. Menumbuhkan gairah dan dorongan yang kuat dalam masyarakat Indonesia untuk turut berperan serta secara aktif dalam pembangunan nasional.

 

Mengamalkan ajaran Islam merupakan kewajiban yang bagi setiap sosok dan pribadi Muslim. Karena itu ajaran Islam harus dilaksanakan secara baik, agar kita terbebas dari azab yang Maha Pedih (api neraka). Dengan demikian akan terwujudlah suatu kebahagiaan yaitu bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

Tujuan berikutnya mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, aman, damai, adil dan makmur dengan ridha Allah SWT. Untuk mewujudkan hal ini Al Washliyah dengan segenap warganya harus melaksanakan perintah Allah secara benar, mengamalkan ajaran Islam secara kaffah (lengkap). Di samping itu harus menghindarkan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama, meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah SWT, bersikap saling kasih dan mengasihi, cinta akan damai, tidak menciptakan konflik dan permusuhan dengan siapapun.

Pemimpin organisasi dan lembaga pendidikan Al Washliyah harus dapat menjadi contoh dan tauladan bagi anggotanya (para jamaahnya), mengemban amanah secara baik, bersikap adil dan bijaksana dalam memutuskan suatu hukum atau peraturan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ...

Artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil… 

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

 

Ayat ini memerintahkan kepada para penguasa atau pemangku jabatan yang berwenang dalam menetapkan suatu hukum agar menetapkan hukum secara adil, walau terhadap individu atau kelompok yang berseberangan pendapat dengan mereka, kerena keadilan mendekatkan pelakunya kepada ketakwaan. Objektifitas pemimpin menjadi bagian penting dalam memutus perkara. Ketika perkara diputus dengan pertimbangan matang, keadilan dapat ditegakkan.

Untuk menumbuhkan gairah dan dorongan yang kuat dalam masyarakat Indonesia agar dapat berperan aktif dalam mengisi pembangunan nasional diperlukan suatu kegiatan dan usaha organisasi yang dapat menunjang terciptanya tujuan tersebut.


D. Kembali Kepada Khittah Al Jam’iyatul Washliyah

Secara bahasa, kata khittah berasal dari bahasa Arab yang berarti rencana, jalan, atau garis. Khittah juga dapat diartikan sebagai rencana, jalan, atau garis perjuangan dalam mewujudkan misi dan cita-citanya.

Sebagai kader yang masih memiliki idealisme dan kemurnian cita-cita membangun bangsa dan agama melalui Al Washliyah, tentunya sangat prihatin melihat kondisi Al Washliyah saat sekarang ini. Eksistensi Al Washliyah semakin tidak jelas bagaikan berada di sebuah “Persimpangan Jalan”. Ketidakjelasan ini tentunya disebabkan oleh kader-kader Al Washliyah yang tidak lagi memiliki idealisme dan kemurnian cita-cita menjadi central figure di tubuh organisasi. Kader-kader Al Washliyah hari ini lebih memfokuskan Al Washliyah sebagai objek “For Sale” padahal Al Washliyah itu subjek “Not for Sale”.

Sudah barang tentu hal ini lebih menguntungkan pribadi atau kelompok tertentu. Padahal cita-cita Al Washliyah adalah mengemban misi keummatan (lebih mengedepankan kepentingan umat atau limashlahatilummat). Artinya, bukan mengatasnamakan umat untuk menjual Al Washliyah tetapi optimalisasi potensi umat melalui Al Washliyah.

Seyogyanya para kader Al Washliyah yang menjadi leader (pemimpin) baik organisasi mapun lembaga pendidikan menjadi qudwah al-ummah (teladan umat) dan tetap di wilayah perjuangan keummatan (Society Centris) bukan malah sebaliknya hanya berada pada wilayah kekuasaan (State Centris) dengan interest-interest (kepentingan-kepentingan) tertentu. Terutama para ulama Al Washliyah yang merupakan sosok informal leader yang mengakar dan diterima masyarakat luas. Mereka menjadi simbol kekuatan sekaligus penyambung lidah masyarakat dan juga aktor pemberdayaan potensi keummatan. Fungsi mereka sangat mendasar, yaitu sebagai kekuatan pengimbang, mengontrol dan menahan potensi intervensionis dan otoriter negara (Balancing Force) dan kekuatan reflektif, memelihara kohesi sosial dan mengelolah potensi konflik internal masyarakat (Reflective Force).

Dengan demikian, misi keummatan Al Washliyah mampu dioptimalkan. Agar organisasi Al Washliyah tidak berada dalam kebingungan gelombang berjalan tidak tentu arah, maka sudah seharusnya segera berbenah dan kembali kepada visi keummatan. Menyusun kembali planning dalam memajukan Al Washliyah ke depan. Lebih terpat dikatakan kembali pada Khittah Al Washliyah.

Ada beberapa point yang bisa kita renungkan untuk menghidupkan kembali ghirah perjuangan Al Washliyah ke depan. Paling tidak, Al Washliyah lebih mampu lagi menunjukkan kiprah dan karya nyatanya membenahi moralitas umat dan mengisi pembangunan bangsa ini di berbagai bidang, yang meliputi: pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, keagamaan dan lain-lain. 

Point-point itu merupakan pengejawantahan dari cita-cita the founding fathers Al Washliyah, antara lain adalah: Pertama, perjuangan suci. Membangun Al Washliyah memang harus dengan perjuangan. Dalam setiap perjuangan harus ada pengorbanan. Bersedia berkorban (tenaga, pikiran, materi bahkan jiwa) adalah indikasi kesucian perjuangan. Mengikhlaskan hati semata-mata hanya karena Allah adalah pintu gerbang dalam perjuangan. Ikhlas itu bukanlah akhir dari kemandegan umat Islam. Ikhlash adalah totalitas pengabdian kepada Allah SWT. Konsekuensinya: jalan kemudahan, terbukanya pintu rizki dan indikasi kebahagiaan lainnya.

Kedua, jangan suka melupakan sejarah. Hari ini banyak orang yang besar (popular) karena Al Washliyah, tapi ia sendiri lupa kepada Al Washliyah yang telah membesarkannya. Ketika seseorang memasuki wilayah politik praktis untuk menjadi eksekutif atau pun legislatif maka ia akan mengatakan bahwa “ia adalah salah satu kader Al Washliyah untuk mendapatkan dukungan dari keluarga besar Al Washliyah yang telah tersebar di seluruh penjuru negeri ini”. Namun, setelah ia duduk di kursi yang diidamkan “apa yang sudah diberikan untuk kemajuan Al Washliyah?”. Jangankan memberikan bantuan malah “merongrong” dengan mengembangkan sikap otoriter, sewenang-wenang dan lain-lain.

Ketiga, membina moralitas ukhuwah. Paling tidak, ada beberapa langkah yang harus kita tempuh: a) Berangkat dari kepentingan umat (mashlahatul ummat) bukan kepentingan pribadi atau kelompok. Sehingga siapapun yang memimpin organisasi akan disikapi secara lapang dada selagi kapabilitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rambu-rambu organisasi; b) Saling bahu membahu antara satu dengan lainnya dengan mengedepankan persamaan dan arif dalam menyikapi perbedaan yang muncul; c) Bersikap terbuka terhadap kritik yang konstruktif; d) Beranjak dari tekad dan tujuan yang sama untuk membangun Al Washliyah.

Keempat, menumbuhkan sense of belonging (rasa memiliki) dan sense of responsibility (rasa tanggung jawab). Bila sudah tertanam rasa memiliki maka akan mewujudkan tanggung jawab. Jikalau kita punya sesuatu maka kita akan menjaga, memeliharanya agar tidak rusak, diganggu dan hal-hal yang mafsadat lainnya. Bila kita merasa memiliki Al Washliyah maka kita akan memeliharanya. Jangan sampai nama Al Washliyah tercoreng di tengah umat hanya gara-gara kita, memanfaatkan namanya. Seperti pepatah: “karena nila satu titik, rusak susu satu belanga”. Tanggung jawab sebagai kader Al Washliyah cukup besar. Untuk itu, jangan berkata bahwa kita kader Al Washliyah kalau tidak bisa menjalankan amanah dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan kepadanya.

Kelima, inovasi. Akhirnya, kembali kita harus memotivasi diri dengan Apa yang sudah saya berikan untuk Al Washliyah? Berbuat dengan karya nyata sesuai dengan bidang masing-masing. Kader Al Washliyah yang di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, tenaga profesi: guru/dosen, dokter dan lain-lain harus memberikan yang terbaik dengan menebar manfaat buat umat Islam. Paling tidak, menjadi qudwah (tauladan) di lingkungan kerja kita masing-masing.

Keenam, warga Al Washliyah harus satu langkah dalam mengoptimalkan kekuatan ummat Islam demi terwujudnya kemaslahatan ummat Islam itu sendiri. Ke depan, umat Islam harus lebih cerdas, lebih dewasa, lebih tegas, lebih arif dalam menentukan arah kehidupan dan menyikapinya.

Akhirnya seluruh kader Al Washliah harus benar-benar memahami apa shibghah, wijhah dan khittah Al Washliyah. Karena banyak hal-hal yang dilakukan oleh para kader dan simpatisan Al Washliyah, jauh dari pada khittah Al Washliyah itu sendiri.


E. Penutup

    Untuk menjaga kesinambungan cita-cita dan estafet perjuangan suci para pendiri Al Washliyah, maka pengkaderan merupakan suatu kewajiban. Kader-kader militan dan loyal pada organisasi hanya mampu dilahirkan melalui tauladan. Ketauladan para guru, pimpinan lembaga pendidikan dan pimpinan organisasi Al Washliyah. Perbaikan dalam struktur organisasi menjadi solusi, berbenah diri untuk menjadikan Al Washliyah lebih baik dan elegan pada masa yang akan datang. Mengembalikannya kepada khittah dasar adalah salah suatu kemestian untuk mengatasi krisis Al Washliyah. Sudah saatnya kita selaku kader Al Washliyah selalu mengevaluasi dan memotivasi diri untuk berbuat yang terbaik, bukan malah sebaliknya memanfaatkan Al Washliyah hanya untuk kepentingan sesaat yang sifatnya individual, sektarian ataupun lokal. Perwujudan kaffah untuk kemaslahatan umat harus kita mulai dari sekarang, mulai dari hal yang sekecil-kecilnya, dan mulai dari diri sendiri. “Hiduplah Al-Washliyah Zaman Berzaman”.

DAFTAR PUSTAKA



Rozali, Muhammad. Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara. Yogyakarta: LKiS, 201


Syahrul AR El Hadidhy, dkk, Mata Pelajaran Pendidikan Ke Al Washliyahan 1, Medan: Majelis Pendidikan dan Kebudayaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara, 2005.


https://univalabuhanbatu.wordpress.com.


https://analisadaily.com. 


http://kabarwashliyah.com.


https://republika.co.id.


MUSDA III IKATAN PELAJAR ALWASHLIYAH BATU BARA BERLANGSUNG SECARA MARHAMAH


 Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Al Washliyah melaksanakan musyawarah Daerah yang ke III yang dilaksanakan pada hari selasa, 17 Januari 2023 di Hotel Grand Malaka Kecamatan Talawi.

Dalam musyawarah ini, ketua PD IPA Kabupaten Batu Bara, Ade Hamid Alfahrido mengatakan ingin menjadikan musyawarah daerah ini menjadi musyawarah yang Marhamah.

" Saya berharap kepada seluruh pelajar Al Washliyah Batu Bara kita jadikan Musda ini menjadi musyawarah yang Marhamah, dan kami mengakhiri periodesasi ini dengan Husnul Khatimah," ungkap Ade Hamid Alfahrido dalam kata sambutannya.

Ayahanda Ketua PD Al Washliyah Batu Bara yang menghadiri musyawarah ini juga memotivasi para pelajar Al Washliyah untuk menjadi pelajar yang bisa menjadi pemimpin dan mewarisi keulamaan Al Washliyah.

"Anak-anak ayah yang ayah banggakan, mari sama-sama kita merawat dan menjaga ulama-ulama kita, dan mari sama-sama kita menggapai cita-cita menjadi pemimpin yang mewarisi ilmu-ilmu yang telah diajarkan oleh ulama-ulama Al Washliyah " ungkap H. Al Asari, S.Ag, M.Si

Acara Musyawarah Daerah III ini diawali dengan prosesi seremonial dan dilanjutkan dengan sidang paripurna Musda.

Dalam musyawarah Daerah ini, terpilih secara aklamasi Farihin Abdillah Fattah yang akan menakhodai Ikatan Pelajar Al Washliyah Batu Bara Dua tahun kedepan.

Hadir dalam Musyawarah Daerah III ini, Bupati Batu Bara, Ketua PW IPA Sumatera Utara, DPD KNPI, anggota DPRD Batu Bara, OKP dan OKI Batu Bara serta para kepala madrasah Al Washliyah Batu Bara.

<script type="text/javascript">

 atOptions = {

  'key' : 'f7dd2d45e7479e255205c7f7337c509c',

  'format' : 'iframe',

  'height' : 250,

  'width' : 300,

  'params' : {}

 };

 document.write('<scr' + 'ipt type="text/javascript" src="http' + (location.protocol === 'https:' ? 's' : '') + '://www.profitabledisplaynetwork.com/f7dd2d45e7479e255205c7f7337c509c/invoke.js"></scr' + 'ipt>');

</script>

320x50

CARA MUDAH MENGUASAI BAHASA ASING

By : Nurul Khotimah

    Hallo sahabat-sahabat Mimin, selamat berjumpa kembali dengan tulisan Mimin yang cetarrr membahana. Mimin rindu deh sama kalian para pembaca mimin. Tidak terasa sekarang kita sudah berada di akhir tahun nih guys, tepatnya 7 Desember 2022, yang menandakan sudah hampri 4 bulan sejak Agustus lalu kita tidak saling sapa di kolom web Mas Al-Washliyah bersama Mimin yang cantik jelita inihhh hihihi. Emmm kalian rindu gak sih sama tulisan, Mimin? Semoga kita semua dalam lindungan Allah, aamiin.

    Oh iya, tanpa berlama-lama dan tanpa berbasa-basi lagi, mimin langsung saja ingin memperjelas niat mimin kenapa kembali muncul di web ini  

Guys kita sama-sama tahukan setiap di awal dan di akhir tahun, apalagi sekarang seolah bumi sedang tidak baik-baik saja. Bencana alama sana-sini, belum lagi korban yang bergelimpangan. Tapi, mimin harap ini tidak akan meruntuhkan semangat-semangat kalian apalagi yang masih sangat muda untuk segera menggapai cita-cita. Dan kali ini mimin akan membahas tentang “Bahasa Asing”. 


Apa sih Bahasa Asing itu?

Bahasa Asing adalah bahasa yang jarang didengar atau bahasa yang tidak biasa digunakan oleh masyarakat yang mendiami wilayah tertentu. Misalnya saja, bahasa Indonesia akan dianggap bahasa asing di Amerika, dan hal itu juga berlaku sebaliknya, bahasa Inggris akan dianggap bahasa asing di Indonesia. Atau bahasa Sunda akan di anggap asing di Medan atau sebaliknya. Jadi, jangan salah mengartikan apa itu bahasa asing ya ...

Tanpa kita sadari bahasa asing ternyata saat ini adalah pelajaran yang sangat digandrungi oleh anak muda saat ini, contohnya Mimin sendiri – Mimin sangat menyukai bahasa Arab, Inggris, China/Mandarin, Turky – terkadang bahasa yang terdengar asing di telinga kita dapat terdengar lebih asik dari pada bahasa ibu yang kita kuasai. Apakah kamu tahu fakta bahwa bahasa Indonesia tergolong bahasa yang rumit dari segi bunyi atau aksen pengucapan? Hal ini dikemukakan oleh beberapa orang yang berasal dari negara luar atau sama sekali tidak mengerti bahasa Indonesia. Sehingga hal ini menyulitkan orang luar negara ini seperti Jepang, Korea, China dan berbagai negara lainnya untuk mempelajari dan mengucapkan bahasa Indonesia.

Apakah kamu telah menyadari, jika mengusai banyak bahasa akan membuat hidupmu lebih mudah? Atau pengetahuan itu akan membuatmu bisa membantu dan berguna bagi orang lain? Nah, hal ini harus kamu sadari sejak sekarang! ;)


Berikut adalah langkah-langkah belajar bahasa asing untuk pemula:

  1. Memutuskan bahasa apa yang ingin kamu pelajari

Sebelum memulai sebaiknya kamu memutuskan satu bahasa yang benar-benar kamu butuhkan dan ingin kamu kuasai. Menurut mimin jangan mencoba belajar menguasai dua bahasa sekaligus, karena setiap bahasa memiliki pola kalimat serta cara yang berbeda.

Saat ini bahasa international seperti bahasa Inggris sudah semakin merambah kepada kehidupan kita, seperti pada dunia pekerjaan, bahkan sudah menjadi pelajaran penting di dunia pendidikan. Jadi, kita tidak boleh ketinggalan, apalagi masih menyimpan pemikiran bahwa bahasa Inggris itu tidak penting. Namun, walaupun begitu bahasa ibu adalah bahasa yang paling penting untuk kita! 


  1. Cobalah cari program belajar atau cobalah belajar dengan guru yang tepat

Beberapa bulan ini, Mimin juga mengikuti program study beasiswa bahasa Arab yang diadakan oleh Cilad Unissula atau universitas UNISSULA, Semarang. Untuk mengetahui program-program besiswa lainnya kamu bisa mengunjungi instagram @CiladUnissula atau untuk informasi lebih lanjut klik link berikut http://www.cilad.unissula.ac.id 


Walau pun katanya kita bisa otodidak dalam menguasai bahasa asing, maka itu pasti akan sangat sulit. Apalagi jika bahasa yang ingin kita palajari memiliki tulisan yang sulit dimengerti. Seperti memiliki huruf-huruf yang tidak kamu pahami.

Mengingat kepada tempat belajar atau guru yang tepat – sekitar seminggu yang lalu mimin diajak untuk menghadiri acara seminar yang diadakan oleh The Flow, pada tanggal 26 November 2022. Mimin akui seminar kali ini cukup menarik dan mengusung tema kaula muda yang menghadirkan Narasumber yang hebat Kak Daniel Agustran Hutabarat yang pernah menggeluti bidang Tour guide, jelas saja karena kepiawaiannya dalam berbahasa Inggris.

 Mari kita sedikit mengenal apa itu The Flow atau The Flow Course merupakan sebuah tempat khursus bahasa Inggris yang saat ini sedang menjadi ranah anak muda untuk belajar serta megembangkan skill bahasa Inggris mereka. Dan untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi web berikut : www.theflow.id  (The Flow sudah menghadirkan online class untuk seluruh masyarakat Indonesia loh guys


  1. Banyak membaca atau mendengarkan bahasa itu di berbagai media

Kamu tahu akun milik Kak @indyrach, mimin menyukai bahasa Turky karena sering nonton chanel Kak @indyrach hihihi ;) 

Nah, kira-kira begitulah cara mimin berlatih bahasa Turky, begitu juga dengan bahasa Inggris dan yang lainnya. Karena dengan mendengarkan orang lain berkata dalam bahasa yang ingin kita pelajari apalagi subtitle yang berada di video itu juga menggunakan bahasa yang kita butuhkan membuat kita bisa lebih mengingat dan mudah mengerti.


  1. Banyak-banyak berlatih dan mengumpulakan berbagai kosa kata baru


Bagaimana sih cara kita mengumpulkan kosa kata baru? Cara berlatih dan mengumpulkan kosa kata baru yaitu apabila kamu mendengar kalimat atau kata-kata yang baru maka bersegeralah mencatatnya. 


Nah ..., itu beberapa tips dari mimin untuk kita semua. Intinya jangan lupa banyak-banyak berlatih, karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, bukan begitu? “Walaupun kita lambat dalam belajar, yang terpenting kita tidak diam dan tidak bergerak sama sekali!” kata-kata ini dikemukakan oleh narasumber The Flow Kak Daniel Agustran Hutabarat. Semoga ini semua bermanfaat dan dapat membantu ya .... sekian dari mimin terima kasih. Sampai jumpa di lain waktu (mungkin minggu depan kita berjumpa lagi), bye ... bye ....

Penulis adalah alumnus MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM, saat ini sedang belajar mendalami Bahasa Asing, termasuk Bahasa Arab.

   

PELANTIKAN PD ALWASHLIYAH BATU BARA PERIODE 2021-2026 SUKSES



Ket. Gambar: Penyerahan Bendera Pataka oleh Bupati Batubara kepada Ketua PD Alwashliyah Batu Bara Periode 2021-2026, H. Al-Asari, S.Ag, M.Si.

Maspa news.Pelantikan dari kepengurusan daerah Al Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Batu Bara, tahun periode 2021 – 2026, yang di dihadiri oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir M.Ap di selenggarakan di lokasi Singapore land Desa Perjuangan Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara. Sabtu, 03/12/2022.

Dalam agenda acara pelantikan yang di hadiri oleh ketua PW Al Washliyah Sumut Dr. H. Dedi Iskandar Batubara, M.Sp, Sekretaris PW Al Washliyah Sumut Alim Nur Nasution, SE, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.Ap, Kadin Batu Bara, H. Ok Faisal, SE, DPRD Sumut H, Darwin, S.Ag, M.Ap, DPRD Batu Bara Usman, Dandim, Kapolres Batu Bara, Kajari, Ka, Kamenag Batu Bara, KNPI Batu Bara, kepengurusan Daerah Al Washliyah Batu Bara.

Dalam agenda acara dengan di tandai pemakaian tengkuluk dari Al Jam’iyatul Washliyah kepada Bupati Batu Bara Ir, H, Zahir, M.Ap juga kepada pemakaian tengkuluk oleh PW Al Washliyah Sumut Dr, H, Dedi Iskandar Batubara, M.Sp, oleh kepengurusan Daerah Al Washliyah Batu Bara,


Ket. Gambar : Ketua PW. Alwashliyah Sumatera Utara Dr.H. Dedi Iskandar Batu Bara, MSP memberikan bimbingan dan arahan.

Dalam agenda acara yang di mulai oleh berbagai acara, berupa tari tarian dari putri Batu Bara, pembacaan ayat suci Alquran, menyampaikan lagu mars Al Jam’iyatul Washliyah, menyayikan lagu Indonesia Raya, acara mengheningkan cipta yang di pimpin oleh Ketua PW Al Washliyah Sumut Dr, Dedi Iskandar Batubara, SE.

Penyerahan bendera petaka Al Jam’iyatul Washliyah dari ketua PW Al Washliyah Sumut Dr H Dedi Iskandar Batubara, kepada kepengurusan Daerah Al Washliyah Batu Bara, ketua terpilih untuk kepengurusan daerah kabupaten Batu Bara H, Al Asari, S.Ag, M.Si, untuk kepengurusan daerah kabupaten Batu Bara dengan masa jabatan di tahun 2021 – 2026, juga serta penyerahan Surat Keputusan (SK) PW Al Jam’iyatul Washliyah untuk kepengurusan Daerah Al Washliyah Batu Bara.


“Agar kelak bupati Zahir dapat memimpin untuk menjadi dua periode, guna untuk melanjutkan tugas nya di kabupaten Batu Bara, dengan tinggi nya perubahan yang di lakukan nya, terbukti dari kabupaten Batu Bara yang sudah memiliki pembangunan kantor kabupaten, serta infrastruktur lain nya yang ada”, ujar ketua panitia kepada awak media saat di kompirmasi.


Ket. Gambar : Bupati Batubara Ir. H. Zahir, MAp memberikan bimbingan dan arahan.

“Semoga kelak akan lebih lagi pembangunan yang akan di laksanakan oleh Pemkab Batu Bara, yang melalui dari usulan usulan yang di lakukan oleh Bupati yang pada saat ini memimpin”, tegas nya.

CANDA RASULULLAH DENGAN ALI BIN ABI THALIB

 


Rasulullah SAW merupakan seorang pribadi yang sangat sempurna, sikap beliau dalam segala lini kehidupan sangat patut untuk ditiru oleh seluruh umat muslim. Sikap ketegasan beliau dalam memimpin para sahabat dimasanya merupakan contoh untuk para pemimpin di era sekarang.

Namun dibalik sikap tegas beliau dalam memimpin, Rasulullah juga dikenal dengan seorang pribadi yang humoris, disela-sela menjalankan aktivitas dakwahnya beliau juga pernah bercanda dengan para sahabatnya. 

Diceritakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, pada suatu ketika Rasulullah SAW berbuka puasa bersama para sahabatnya dengan hidangan kurma, mereka terus menikmati kurma yang mereka makan dan meletakkan sampah biji kurma di depan mereka. Salah seorang sahabat yang juga ikut makan bersama adalah Ali bin Abi Thalib, ketika melihat sampah biji kurma yang ada didepannya terlalu banyak, muncul keisengan Ali terhadap Rasulullah.

Ali kemudian memindahkan sampah biji kurma yang ada didepannya kehadapan Rasulullah SAW, kemudian Ali bertanya : “Apakah engkau merasa sangat lapar wahai Rasulullah sehingga engkau memakan sangat banyak kurma ?”, Rasulullah yang merasa diisengin oleh Sayyidina Ali membalas iseng Ali tersebut dengan menjawab : “Padahal engkau yang sangat lapar wahai Ali, kamu telah memakan kurma serta biji-bijinya, semua sahabat lain terdapat biji kurma di depan mereka sedangkan kamu tidak”

Dari kisah candaan Rasulullah dan Ali bin Abi Thalib tersebut dapat kita pahami bahwa Rasulullah juga pernah bercanda sebagaimana manusia pada umumnya, namun candaan beliau dan sahabat-sahabatnya masih dalam batas wajar dan tidak sampai menyakiti hati satu sama lain, dan juga dari cerita tersebut dapat kita pahami bagaimana dekatnya hubungan Rasulullah dengan para sahabat yang telah membantunya dalam menyiarkan dakwah.

 كان علي رضي الله عنه والرسول صلى الله عليه وسلم يأكل التمر ، فجعل علي يأكل التمر ويرمي النواة أمام الرسول صلى الله عليه وسلم ، فقال علي : يا رسول الله ! هل أكلت التمر كله ؟ فقال النبي : وهل أكلت التمر بنواه

MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM BUAT NOTA KESEPAKATAN DENGAN BANK RAKYAT INDONESIA

 


Diruang aula MAS Alwashliyah Desa Pakam (17 Nop. 2022) dilaksanakan acara sosialisasi dan penandatanganan MOU antara MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM dengan pihak BANK BRI. Nota kesepakatan yang dibuat yaitu penggunaan aplikasi Junio Smart yang merupakan produk Bank BRI. 

Dalam kesempatan tersebut, tim dari Kantor Cabang Pembantu BRI INDRAPURA dan Kantor Wilayah BRI Sumatera Utara menjelaskan tentang aplikasi Junio Smart. Diantara fitur yang terdapat didalam aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi pihak pengelola madrasah, siswa maupun orang tua dan wali siswa. 



Pada aplikasi Junio Smart siswa dapat mengakses informasi dari madrasah, berupa rekapitulasi nilai, absensi dan sebagainya. Bagi orang tua siswa, manfaat yang diperoleh adalah memperoleh  informasi berupa tagihan biaya yang ditetapkan madrasah, absensi siswa, laporan hasil belajar siswa dan lain lain. Bagi orang tua wali siswa saat ini tidak perlu khawatir untuk melunasi tagihan dari madrasah،karena dapat dilakukan di bank, ATM dan aplikasi perbankan lainnya.

Bagi guru, aplikasi ini sangat membantu komunikasi tenaga pendidik dan kependidikan dengan orang tua dan wali siswa. 

Acara tersebut dihadiri oleh siswa dan orang tua wali. Kelihatan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Karena ini merupakan terobosan yang dapat membantu mengembangkan prestasi akademik siswa. Apalagi aplikasi ini terkoneksi dengan situs pembelajaran yang disiapkan KEMENDIKBUD.


 

Kepala MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM, Japar, S.Ag, M.Ag  berharap bahwa aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua unsur yang ada di madrasah, siswa dan orang tua wali. Kepala madrasah menyadari bahwa penggunaan aplikasi Junio Smart ini masih belum familiar bagi semua. Tapi dengan keyakinan dan keseriusan semua kesulitan akan dapat teratasi, sehingga akan dapat dirasakan kemudahan kemudahan di dalamnya. Merubah kebiasaan lama kepada kebiasaan yang baru memang sulit, tapi kita harus yakin semuanya akan bisa. Demikian sambutan kepala madrasah.


Dalam acara tersebut, tiga orang tua dan wali siswa yang mendapat apresiasi dari pihak BRI, karena telah memiliki rekening BRI, memakai aplikasi BRIMo, dan sebelumnya telah menggunakan aplikasi Junio Smart. Apresiasi tersebut dalam bentuk transfer uang ke rekening masing-masing dari tim BRI.

IPA BATU BARA GELAR UPGRADING DAN WORKSHOP JURNALISTIK JURNALISTIK DAN DIGITAL

 


(Medang Deras) - Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Al Washliyah Batu Bara menyelenggarakan kegiatan workshop pendidikan jurnalistik pada hari Minggu, 06 November 2022 di Aula Kuta Koffe Kec. Medang Deras.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 pelajar Se-kabupaten Batu Bara dengan menghadirkan 3 Narasumber yaitu Ayahanda Ketua PD Al Washliyah Batu Bara, H. Al Asari, S.Ag, M.Si. Anggota DPRD Kab. Batu Bara A. Mukhtas dan Direktur Lembaga Kajian Strategis Al Washliyah Batu Bara Muhammad Fadli, S.Pd.

Acara workshop ini dibuka langsung oleh Ketua PD Ikatan Pelajar Al Washliyah Kabupaten Batu Bara Ade Hamid Alfahrido. Dalam sambutannya, Rido mengharapkan seluruh kader Ikatan Pelajar Al Washliyah Batu Bara untuk dapat keluar dari zona nyaman dan bisa mengembangkan organisasi Ikatan Pelajar Al Washliyah Batu Bara dengan melek digital.



"Harapan kita kedapan IPA Batu Bara mampu melahirkan sosok sosok pemimpin masa depan dan kader kader IPA harus melek digital dan dunia digital ini harus kita hadapi kedepan, begitu banyak konten konten yang tidak baik dihadapkan di dunia sekarang ini" ungkap Ade Hamid Alfahrido.

Harapan Ade Hamid Alfahrido acara-acara workshop seperti ini harus selalu dilangsungkan disemua tingkatan di Ikatan Pelajar Al Washliyah.

"Kami juga berharap semua tingkatan IPA mulai dari Daerah, kecamatan dan ranting untuk bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini". Tandasnya.








 

KEJAYAAN DAN KERUNTUHAN, INILAH PENYEBABNYA

 

Al-Irbadh bin Sariyah meriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam. Bahwa beliau berkhotbah di hadapan kaum muslimin.


"Wahai manusia, tak lama lagi kalian akan menjadi tentara yang dikirim ke berbagai wilayah, yaitu tentara yang berjuang di Syam, tentara yang berjuang di Irak, dan tentara yang berjuang di Yaman"


Mendengar hal itu, Ibnu Hawalah berkata, "Rasulullah, jika aku sampai pada masa itu, pilihkan untukku, ke kelompok tentara yang berangkat ke mana sebaiknya aku ikut?"


Beliau bersabda, "Aku memilihkan Syam untukmu karena Syam adalah pilihan kaum muslimin dan negeri pilihan Allah. Dia mengumpulkan di sana makhlukNya yang terpilih. Jika enggan ke sana, hendaknya pergi ke Yaman. Dan diberi minum dengan gidirnya. Karena hal itu juga mencukupi bagiku, dari Syam dan penduduknya."


Dalam khutbah ini, Rasulullah menyinggung masa depan Islam dan kaum muslimin yaitu bahwa Islam akan menyebar luas ke setiap penjuru dunia, bahwa futuhatul Islam akan menyebar susul-menyusul dan mengetuk pintu Syam, Irak dan Yaman.


Hal ini ternyata benar-benar terjadi. Islam menyebar luas hingga memenuhi bumi sebagaimana yang diprediksikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.


Semua ini tidak akan terwujud kecuali karena perjuangan para pejuang yang menjual diri dan harta mereka demi Allah untuk menyebarkan agama aja dan meneguhkan pilar-pilarnya.


Hal itu juga tidak akan terjadi kecuali karena mereka telah menceraikan dunia dan menganggap diri mereka di dunia sebagai pemilik tujuan yang tertinggi, yaitu menjadi para Mujahidin di jalan Allah agar mereka meraih salah satu dari dua hal yang terbaik, yaitu kemenangan atau mati syahid, sehingga mereka menjadi penghuni surga. Surga berada di bawah naungan pedang.


Demikianlah kemenangan demi kemenangan dan penaklukan demi penaklukan berhasil diraih, hingga akhirnya cinta dunia menguasai hati banyak kaum muslimin. Cinta dunia melalaikan mereka dari Allah dan dari jihad di jalanNya sehingga akhirnya keadaan menjadi sangat menyedihkan dan sangat disayangkan.


Semua itu tidak terjadi kecuali karena cinta dunia, dalam hal sebuah hadis Rasulullah bersabda, "Bukan kemiskinan yang aku khawatirkan atas kalian.  Yang aku khawatirkan adalah kalau dunia dilimpahkan kepada kalian sebagaimana dilimpahkan kepada orang-orang yang sebelum kalian, lalu kalian bersaing memperebutkannya sebagaimana mereka dahulu memperebutkannya, dan akhirnya dunia itu membuat kalian hancur sebagaimana telah membuat mereka hancur". Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.


Marilah kita memperhatikan semua ini. Kita berdoa semoga Allah mengembalikan kejayaan Islam dan menjadikan kaum muslimin layak menerima kejayaan itu. Amin.

Japar, M.Ag



PESAN AYAH SPIRITUAL (BAGIAN 3)

 Akibat berilmu tanpa amal.

Dia tidak tahu ketentuan ini, bahwasanya ketika ia mendapatkan ilmu itu apabila dia tidak mengerjakan atau mengamalkannya niscaya bukti yang terang atas segalanya itu jadi lebih tetap dan lebih pasti. Sebagaimana sabda Rasulullah  saw :

 اشد الناس عذاب يوم القيامة عالم لا ينفع الله بعلمه 

(orang yang sangat keras siksaannya pada hari kiamat ialah orang yang berilmu namun tidak memberikan kemanfaatan dengan ilmu itu).

Diriwayat bahwasanya imam Al Junaidi semoga Allah memuliakannya ada seseorang memimpikan dia pada saat dia sudah meninggal dunia, lalu ditanya: "bagaimana kabar anda wahai Abu Wasim?" Maka jawab Syekh Al junayd: "Lenyap  segala kalimah,  itu binasalah segala isyarat itu, dan tiada ada yang dapat memberikan manfaat kepada kita dari segala yang kita lakukan melainkan rakaat-rakaat  shalat yang kita lakukan di tengah malam itu saja"

Anakku! Jangan jadikan dirimu sebagai orang miskin dalam beramal, dan jangan membiarkan dirimu kosong dari sifat yang menandakan diri baik di kalangan orang banyak. Dan yakinlah bahwasanya ilmu yang tidak bisa membawa orang untuk melangkahkan kakinya,  misalnya, seandainya ada seorang dalam satu rimba mempunyai 10 pedang buatan India dan senjata-senjata lainnya, orang itu pemberani, karena dia adalah ahli perang,  lalu ia diterjang oleh seekor harimau yang besar dan buas. Maka bagaimana pendapatmu,  apakah senjata-senjata itu dapat menghilangkan bahaya yang datang dari keganasan harimau pada dirinya jika  alat itu tidak digunakan untuk memukul harimau tersebut? Secara  jelas sudah diketahui bahwa senjata itu akan bisa menolak kejahatan ketika digerakkan dan digunakan buat memukul.

Demikianlah sekiranya ada seorang yang membaca 100.000 masalah ilmu dan dipelajari sampai mengerti, tetapi tidak mengamalkannya itu tidak akan berguna, kecuali jika dia mengamalkannya.

Demikian pula kalau seandainya ada seorang yang sakit demam panas, biasanya diobati dengan obat yang terkenal oleh seorang dokter, misalnya dengan menggunakan obat kina, aspirin dan lain-lainnya. Kesembuhan tidak akan diperolehnya,  melainkan jika obat itu dikonsumsinya.

Mendendangkan syairnya:

Kalau seandainya anda menimbang beribu-ribu liter alkohol, ingatannya tidak akan pernah bertukar kalau ia tidak diminum alkohol tersebut.

Seandainya Anda membaca ilmu 100 tahun dan anda kumpulkan 1000 kitab, engkau tidak menjadi makhluk yang bersedia buat menerima pelimpahan rahmat Allah ta'ala kecuali ketika engkau mau beramal. Firman Allah ta'ala:

 وان ليس للانسان الا ما سعى 

(seseorang tidak akan mendapatkan bagian apapun, melainkan apa yang ia usahakan). Maksudnya, barang siapa yang berharap mendapat sambutan yang baik kelak dari sisi Tuhannya, hendaklah ia beramal dengan amalan yang sholeh, niscaya ia akan mendapatkan sambutan yang terhormat, sebagai balasan atas apa yang telah ia amalkan.

Firman Allah ta'ala:

 ان الذين امنوا وعملوا الصالحات كانت لهم جنات الفردوس نزلا خالدين فيها لا يبغون عنهحولا

(Bahwa sesungguhnya orang yang telah beriman dan beramal saleh akan mendapatkan surga firdaus. Itulah tempat kediaman yang abadi,  mereka tinggal selama-lamanya, tidak muncul keinginan mereka ingin berpindah kepada tempat kedua orang lain).

 الا من تاب وامنا وعمل عملا صالحا 

(melainkan orang yang bertobat dan beriman dengan sebenarnya, mengikuti perintah dan menjauhi laranganNya serta beramal saleh).

Insyaallah bersambung

Japar, M.Ag (Ka MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM)

Baca juga : PESAN AYAH SPIRITUAL (BAGIAN 2)

GALERY VIDEO SISWA

 


Praktikum Sifat Koligatif



Video Belajar Bahasa Inggris 


PESAN AYAH SPIRITUAL (BAGIAN 2)

 Terjemahan: Ayyuha walad, Imam Ghazali

Hati-hatilah dengan kesibukan dunia, jangan-jangan……

Wahai anakku,  di antara yang dinasehatkan oleh Rasul kepada umatnya,  sabdanya : "Kesibukan seorang hamba atas hal-hal yang tidak penting baginya itu menjadi tanda bahwa Allah telah berpaling darinya. Dan ketika seseorang kehilangan satu bagian dari umurnya, yang tidak dimanfaatkannya untuk beramal, niscaya berkelanjutan penyesalannya dan siapa umurnya sudah sampai 40 tahun,  tapi amal baiknya belum mengalahkan amal  yang jahat,  maka siap-siaplah untuk berada di neraka!

Di dalam nasehat ini ada arti yang cukup bagi ahli ilmu.

Wahai anakku, memberikan nasehat itu mudah tapi menerimanya adalah sukar. Karena menurut perasaan orang yang berhamba kepada hawa nafsu,  nasehat itu menjadi pahit rasanya. Menurut mereka semua yang terlarang dicintai oleh hati mereka. Terutama bagi orang yang menuntut ilmu yang resmi sebagai alat untuk mengabdi kepada penguasa, dan orang yang sibuk  mencari kelebihan diri sendiri serta jabatan-jabatan dunia. Mereka mengira bahwa ilmu itu  hanya ilmu  resmi, keselamatan dan keberhasilan dari tuntutan ada terkandung didalamnya. Bahkan ia menyangka bahwa ia tidak perlu beramal. Ini merupakan keyakinan para filosof. Maha suci Allah yang maha agung.

Diterjemahkan oleh: Japar, M.Ag

Baca Juga : PESAN AYAH SPIRITUAL (BAG. 1)

Baca Juga: PESAN AYAH SPIRITUAL BAGIAN 3

PESAN AYAH SPIRITUAL

PENGANTAR PENERJEMAH

Dari seorang yang berprofesi sebagai pemintal wol, lahirlah seorang tokoh yang memiliki pengaruh dan prestasi yang sangat besar baik di dalam maupun di luar dunia Islam. Gelar yang disandangnya adalah Hujjah Al Islam atau Argumentasi Islam menjadi sebuah gelar yang sangat dihormati. Dialah Imam Al Ghazali, yang pemikirannya jauh menerobos persoalan teologi dan filsafat pada eranya serta pendidikan spiritual yang sangat berpengaruh sampai saat ini.

Imam Al Ghazali mempunyai banyak karya dalam berbagai bidang. Ihya Ulumuddin sebagai karya terbesarnya telah membelalakkan mata kita, bahwa dia seorang cendekiawan yang memiliki ilmu yang ensiklopedis. Minhajul Abidin sebagai tulisan yang menganjurkan moral yang bijak dan bestari. Kimia Sa'adah adalah dia tampakkan dirinya sebagai seorang motivator. Mukasyafah al-Qulub, tampaklah dia sebagai seorang sufi. Ketika kita mengkaji Tahafut Al-Falasifah kita pun terpana ternyata dia seorang filosof yang tegas dan progresif. Lain halnya jika kita baca Qawaidu al-Aqaid menampakkan bahwa dirinya sebagai seorang teolog. Pada saat membaca karyanya yang berjudul Ayyuha Al-Walad ternyata dia merupakan seorang pribadi agung yang sangat cinta dan kasih kepada anak-anak spiritualnya.

Dalam Ayyuhal walad -tulisan ini merupakan bagian dari karya tersebut - beliau sangat konsen memperhatikan pendidikan jiwa anak-anaknya. Memberikan panduan bagaimana menuju Allah subhanahu wa ta'ala melalui pemandu seorang mursyid yang baik.

Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala, kitab Ayyuha Al-Walad ini dapat diterjemahkan secara berangsur-angsur. Karya Sang Imam ini dirasa sangat penting untuk dibaca oleh setiap orang yang ingin merambah jalan menuju Tuhan. Setidaknya karya ini menjadi salah satu referensi untuk merujuk pada warisan para salaf yang memiliki nilai yang sangat tinggi.

Tidak ada gading yang tidak retak, dalam penerjemahan ini tentu saja banyak kesalahan dan kekurangan, maka dengan segala kerendahan hati kami bermohon untuk dapat memperbaikinya sebagaimana mestinya. Sehingga nilai keagungan daripada sang Imam ini tidaklah tercoreng dikarenakan usaha kecil dari seorang hamba yang lemah ini.

Pajak Sore, 4 Safar 1444 H.

Al-Faqir Japar.


INILAH KITAB YANG BERNAMA :

AYYUHA AL-WALAD

Pendahuluan

Segala puji bagi Tuhan yang memelihara dan mengawal seluruh alam, akhir kehidupan yang baik hanya bagi orang-orang yang taat dan takut kepada Allah SWT. Semoga rahmat dan  kesejahteraan dilimpahkan kepada Nabi Muhammad dan seluruh orang yang beriman.

Ketahuilah, bahwasanya ada seorang di antara murid yang maju yang selalu berdampingan berkhidmat kepada syekh Al-Imam penerang agama,  yang menjadi bukti atas kebenaran Islam,  Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, semoga Allah melimpahkan kesucian rohnya. Murid tersebut terus berusaha untuk mendapatkan pelajaran pendidikan dan pengajian ilmu dari syekh Al Ghazali, sehingga dia banyak memperoleh ilmu yang luas dan pendidikan jiwa yang sempurna.

Kemudian maka pada suatu hari dia bertafakur merenung tentang dirinya tiba-tiba dia mendapat pikiran seperti ini :

"Sesungguhnya aku telah membaca dan mempelajari ilmu yang banyak jenisnya aku habiskan masa muda dari sebagian umurku untuk mempelajari dan mengumpulkannya, dan sekarang maka wajarlah aku mengambil tahu tentang mana ilmu yang bermanfaat kepadaku dan yang akan menjadi sahabat padaku ketika aku berada di dalam kuburku. Serta ilmu mana yang tidak memberikan manfaat kepadaku supaya aku tinggalkan saja. Oleh sebab itu aku mengingat sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam"

 اللهم اني اعوذ بك من علم لا ينفع" 

(Ya Allah aku berlindung daripada ilmu yang tidak memberi manfaat"  

Pikiran ini terus-menerus bergejolak di dalam angan-angannya sehingga memaksa ia menulis surat kepada hadhrotus Syekh Hujjatul Islam Muhammad Al Ghazali rahimahullahu ta'ala meminta pendapat serta mengajukan beberapa pertanyaan memohon nasihat beserta doa.

Murid itu berkata:

Meskipun kitab-kitab karangan Syekh Al Ghazali banyak seperti kitab Ihya Ulumiddin dan lain-lain, mengandung petunjuk yang sangat banyak serta soal jawab ku ini, tetapi maksudku supaya tuan Syekh menulis keinginanku ini di dalam beberapa lembar kertas, agar aku bisa membawanya selalu selama hidupku dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya sepanjang umurku insya allahu  ta'ala.

Maka Syekh Al Ghazali menuliskan risalah ini, sebagai jawaban atas pertanyaan dan permohonan muridnya dan dikirimkannya,  wallahualam. 

Ketahuilah hai anakku yang tercinta dan yang mulia, mudah-mudahan Allah lanjutkan usiamu dalam ketaatan dan membawamu ke jalan yang dicintainya. Bahwasanya nasihat yang berkembang itu dipetik dari sumbernya yaitu risalah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam jika sudah ada nasihat yang sampai kepadamu darinya Rasulullah)  maka apa perlunya ananda meminta nasehatku lagi? Dan jika tidak ada yang sampai kepadamu hendaklah ananda  kasih tahu padaku apakah yang telah ananda  peroleh sepanjang tahun-tahun yang lalu?


Bersambung, Insyaallah.

Diterjemahkan oleh : JAPAR, M.Ag (Ka. MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM MEDANG DERAS BATU BARA)