This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

MAKALAH


Hasil gambar untuk Tafsir al-Mizan

TAFSIR DALAM KITAB-KITAB HADIS
OLEH : 
(USMAN HARAHAP)

BAB I

PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Menafsirkan Alquran dengan Hadis adalah salah satu cara penafsiran yang biasa digunakan dalam metode tafsir bi al-Maʻs|ūr. Tafsir bi al-Maʻs|ūr adalah salah satu metode penafsiran Alquran yang paling kuat dan diakui keabsahannya, yaitu metode menafsirkan nas-nas Alquran dengan menggunakan nas-nas Alquran itu sendiri atau menggunakan Hadis Rasulullah saw. Pada saat Alquran diturunkan, Rasulullah saw sebagai penerima wahyu adalah satu-satunya orang yang paling memahami wahyu yang beliau terima dari Allah sebagai Zat Pemberi wahyu. Karenanya, menafsirkan Alquran menggunakan Hadis diyakini sebagai salah satu metode memahami wahyu agar sesuai dengan maksud yang dikehendaki oleh Zat Pemberi wahyu.
Khalid Abdul Al-Rahman al-‘Ak mengutip al-Syatibi menerangkan bahwa pengertian Alquran jika dikaitkan dengan hukum-hukum syariah kebanyakan mengandung makna kulliy (global) bukan juz’iy (rinci), dan meskipun juz’iy maka harus diambil kulliy dengan cara menggunakan penjelasan-penjelasan, atau mengikuti makna asal, kecuali jika ditakhsis dengan dalil, seperti ditakhsis dengan Hadis.[1] Ini menunjukkan bahwa Alquran memerlukan
banyak penjelasan, dan fungsi Hadis adalah menjelaskan Alquran.
Tentu saja tidak terbatas permasalahan hukum, namun mencakup seluruh persoalan kehidupan manusia.
Di dalam makalah ini penulis akan mencoba memaparkan bentuk-bentuk penafsiran yang ada di dalam kitab-kitab Hadis. Dan pembahasan kali ini penulis akan mengambil contoh-contoh dari kitab Hadis al-Bukhari dan Muslim.
2.      Rumusan  Masalah
a.       Seperti apakah fungsi Hadis dalam menafsirkan Alquran?
b.      Apa sajakah model penafsiran Hadis terhadap Alquran?
3.      Tujuan
a.       Mengetahui fungsi Hadis dalam menafsirkan Alquran
b.      Mengetahui model penafsiran Hadis terhadap Alquran

BAB II
PEMBAHASAN
1.      Fungsi Hadis dalam Penafsiran Alquran
Secara umum fungsi hadis terhadap Alquran adalah untuk menjelaskan makna yang terkandung dalam Alquran, sebagaimana fiman Allah dalam Surah al-Nahl ayat 44:
وأنزلنا إليك الذكر لتُبين للناس ما نُزِّلَ إليهم و لعلهم يتفكرون
 Dan Kami turunkan kepadamu Alquran, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan”.
Imam Malik bin Anas menyebutkan lima macam fungsi Hadis, yaitu baya>n al-taqrir, baya>n al-tafsīr, bayan al-tafs}īl, baya>n al-ba’t} ,dan baya>n al-tasyri’. Imam Syafii menyebutkan lima fungsi, yaitu baya>n al-tafs}i>l, baya>n al-tah}s}īs}, baya>n al-ta’yin, baya>n al-tasyri’ dan baya>n alnasakh. Dalam “Al-Risalah”, ia menambahkan dengan baya>n al-isyārah. Sedangkan Imam Ahmad bin Hanbal menyebutkan empat fungsi, yaitu bayan al-ta’kīd, baya>n al-tafsi>r, baya>n al-tasyri>’ dan baya>n al-takhs} īs}[2]
Seorang mufasir ketika menafsirkan Alquran harus memperhatikan fungsi-fungsi ini. Di dalam makalah ini, penulis akan fokus pada pembahasan tentang baya>n al-tafsi>r saja. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
Fungsi hadis sebagai baya>n tafsīr, adalah hadis berfungsi memberikan rincian dan tafsiran terhadap ayat-ayat Alquran yang masih bersifat global (mujmāl), memberikan pembatasan (taqyīd) ayat-ayat Alquran yang bersifat mutlak, dan mengkhususkan (takhs}i>s}) terhadap ayat-ayat Alquran yang masih bersifat umum. Dengan demikian Hadis berfungsi sebagai:
a.      Tafs}i>l al-Mujmal
Tafs}īlal-mujmal berarti memerinci yang global. Hadis memberikan penjelasan ayat-ayat Alquran yang bersifat global secara terperinci, baik yang berkaitan dengan hukum atau ibadah lainnya. Ada yang menyebut baya>n ini dengan baya>n tafs}īl atau baya>n tafsīr. Dalam hal ini, hadis merinci ayat mujmal yaitu ayat yang dilalahnya masih tersembunyi dari maknanya, dan tidak ada cara lain menyingkirkan yang tersembunyi kecuali menjelaskan yang timbul dari yang ijma>l  tadi.
Contohnya adalah lafaz salat, Allah hanya memerintahkan ibadah tersebut secara global yang terdapat dalam banyak ayat. Di antaranya dalam surat al-Baqarah: 43, 83, 110, belum lagi dalam surat Yunus, alanbiya’>, al-Nu>r dan banyak ayat dan surat lainnya yang menegaskan bahwa Allah memerintahkan solat.
Ketika Allah memerintahkan salat, Allah tidak merinci tata cara salat dengan detail. Sehingga akan sangat keliru pemahaman seseorang tentang tata cara salat jika difahami sendiri tanpa melihat praktek Rasulullah dalam mengaplikasikan salat ini. Dalam surat al-Baqarah ayat 43 misalnya, Allah berfirman:
وأقيموا الصلاة و آتوا الزكاة و اركعوا مع الراكعين
Dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orangorang yang ruku'.”
Ini adalah perintah Allah kepada kaum mukminin untuk melaksanakan ibadah salat. Karena tata cara ibadah ini tidak dijelaskan secara rinci dalam Alquran, maka Nabi Muhammad saw mempraktekkan salat itu dihadapan para sahabatnya sehingga beliau bersabda:
وصلوا كما رأيتموني أصلي فإذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم وليؤُمَّكُم أكبرَكم[3]
Salatlah kalian sebagaimana kalian melihatku salat, jika waktu salat telah datang maka hendaklah salah seorang di antara kalian mengumandangkan azan dan yang menjadi imam adalah yang paling tua di antara kalian.”  (HR. Al-Al-Bukhari)
Hadis ini menjelaskan perintah salat dalam Alquran, yaitu dengan mencontoh praktek salat yang dipraktekan oleh Nabi Muhammad saw. Di antara praktek salat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dan tidak ada dalam Alquran adalah praktek takbiratu al-Ihram. Hal ini tidak akan didapat di dalam Alquran. Akan tetapi dapat dijumpai dalam Hadis. Sebagaimana hadis berikut, Rasulullah bersabda:
إذا قمت إلى الصلاة فأسبغ الوضوء ثم استقبل القبلة فكبر ثم اقرأ بما تيسر معك من القرآن ثم اركع حتى تطمئن راكعا ثم ارفع حتى تطمئن قائما ثم اسجد حتى تطمئن ساجدا ثم ارفع حتى تطمئن جالسا ثم اسجد حتى تطمئن ساجدا ثم ارفع حتى تطمئن جالسا ثم افعل ذلك في صلاتك كلها (رواه البخاري)[4]
“Jika engkau hendak melaksanakan salat, maka sempurnakanlah wudumu, lalu menghadap kiblat dan bertakbir, lalu bacalah ayat yang mudah yang telah engkau hafal, kemudian rukuklah sampai tumaninah, kemudian berdirilah sampai tegak, kemudian sujudlah sampai tuma'ninah, kemudian bangkitlah sampai tuma'ninah dalam duduk, lalu sujudlah kembali sampai tuma'ninah dalam sujud, lalu bangkitlah sampai tuma'ninah dalam duduk, lalu lakukanlah ini dalam salat-salatmu.”  (HR. Al-Bukhari)
b.      Takhs} i>s} al-‘a>m
Pada baya>n ini, hadis memiliki fungsi mentakhsis/mengkhususkan ayat-ayat Alquran yang bersifat umum. Contohnya adalah ahli waris anak yang mewarisi bapak seperti pada fiman Allah Surah al-Nisa>’ ayat 11:
و لأبويه لكل واحد منهما السدس مما ترك إن كان له ولد فإن لم يكن له ولد وورثه أبواه فلأمه الثلث
Dan untuk dua orang ibu bapak bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika yang meninggal itu tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga.
Pengertian lahir ayat ini adalah setiap ayah menerima waris, namun Nabi mentakhs}i>s} dalam hadisnya kecuali para nabi. Nabi bersabda:
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: لا يقتسم ورثتي دينارا, ما تركت بعد نفقة نسائي ومئونة عاملي, فهو صدقة[5]
“Dari Abi Hurairah ra ia berkata: Rasulullah saw bersabda: warisanku tidaklah dibagi-bagi baik berupa dinar (atau yang lain). Apa yang aku tinggalkan selain berupa nafkah buat istri-isttriku dan para pekerjaku, semuanya adalah sebagai sedekah.”
c.       Taqyi>d al-Mut}laq
Pada bayan ini, Hadis memiliki fungsi membatasi kemutlakan ayat-ayat Alquran. Maksudnya, keterangan-keterangan yang ada dalam ayat Alquran adalah mutlak, lalu hadis datang mentaqyid atau membatasi kemutlakan tersebut. Contohnya adalah fiman Allah dalam surah al-Ma>idah ayat 38:
و السارق و السارقة فاقطعوا أيديهما جزاء بما كسبا نكالا من الله و الله عزيز حكيم (المائدة: 38)
“Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (Al-Ma>idah: 38)
Ayat ini hanya menerangkan bahwa pencuri harus dipotong tangannya tanpa merinci kadar pencurian. Adapun hadis Rasul telah merinci kadar pencurian yang dengannya pencuri akan dipotong tangannya.
عن عائشة أم المؤمنين: لا تقطع يد السارق إلا في ربع دينار فصاعدا. (رواه مسلم) و في البخاري: عن عائشة أم المؤمنين (تقطع اليد في ربع دينار فصاعدا. (رواه البخاري)   
“Dari Aisyah Ibu orang-orang Mukmin: Tangan pencuri tidak dipotong, kecuali dalam pencurian seperempat dinar keatas.[6] Dalam Sahih al-Al-Bukhari disebutkan; Dari Aisyah Ibu orang-orang Mukmin: tangan yang dipotong dalam pencurian seperempat dinar keatas.”[7]

2.      Model Penafsiran Hadis terhadap Alquran
Pada bagian ini, akan dijelaskan metode dan model penafsiran nabawi dalam arti penafsiran menggunakan Hadis Nabi SAW baik dalam bentuk ucapan, perbuatan maupun taqrir Nabi untuk menjelaskan ayat Alquran, yang dijelaskan oleh beberapa ahli tafsir.

A.    Hadis digunakan untuk menjelaskan sebab turunnya ayat Alquran
Contohnya fiman Allah pada surah al-Baqarah ayat 198:
ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم فإذا أفضتم من عرفات فاذكروا الله عند المشعر الحرام
“Tidak ada dosa atasmu mengharapkan fad{l dari Tuhanmu, apabila engkau telah menyelesaikan wuquf di Arafah maka perbanyaklah mengingat Tuhanmu di sisi al-Masy’aril-Hara>m”.
Apakah yang dimaksud dengan fad{l? Bisa jadi terkandung dzikir, doa, pahala, tetapi makna sebenarnya adalah berdagang pada waktu haji, berdasarkan hadis riwayat al-Bukhari:
عن عبد الله ابن عباس: قال ابن عباس رضي الله عنهما:  كان ذو المجاز و عكاظ مَتْجَر الناس في الجاهلية , فلما جاء الإسلام كأنهم كرهوا ذلك, حتى نزلت: ليس عليكم جناح أن تبتغوا فضلا من ربكم (البقرة: 198) في مواسم الحج.[8]
“Dari ibn Abbas.  Ibn ‘Abas ra berkata: Dhu Al-Majāz dan ‘Ukāz} adalah pasar tempat berkumpul manusia pada jaman jahiliyah, tatkala Islam datang para sahabat seolah membenci itu, sehingga diturunkanlah: ayat yang berbunyi “tidak ada dosa bagimu berusaha fad}l dari Tuhanmu dalam musim-musim haji. (Al-Baqarah: 198)”



B.     Hadis digunakan untuk menjelaskan lafaz atau ayat Alquran
a)      Penjelasan terhadap makna lafaz yang belum diketahui maknanya selain melalui penjelasan Nabi.
Contohnya hadis riwayat Muslim:
عن أنس بن مالك قال : بينا رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم بين أظهرنا إذ أغفي إغفاءة ثم رفع رأسه متبسما, فقلنا: ما أضحكك يا رسول الله؟ قال: أنزلت علي آنفا سورة فقرأ: بسم الله الرحمن الرحيم (إنا أعطيناك الكوثر. فصل لربك وانحر. إن شانئك هو الأبتر). (الكوثر: 1-3) ثم قال: أتدرون ما الكوثر؟ فقلنا: الله ورسوله أعلم, قال: فإنه نهر وعدنيه ربي عز وجل, عليه خير كثير, هو حوض ترد عليه أمتي يوم القيامة, آنيته عدد النجوم, فيختلج العبد منهم, فأقول: رب إنه من أمتي, فيقول: ما تدري ما أحْدَثَتْ بعدك.[9]
“Dari Anas bin Malik ra dia berkata, suatu kali Rasulullah saw di depan kami, tiba-tiba tertidur sejenak kemudian mengangkat kepalanya sambil tersenyum, lalu kami bertanya: “Apa yang menyebabkan engkau tertawa ya Rasulullah?”. Rasul menjawab: “Baru saja diturunkan kepadaku satu surah, lalu nabi membacakan: “innā a’t}aiynāka al-kauthar fas}alli li rabbika wanh}ar inna sāniaka huwa al abtar” lalu Nabi bertanya: “apakah kalian tahu apa al-kauthar itu?”. Kami menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu”, Nabi bersabda: “itu adalah sungai yang dijanjikan Tuhanku Azza wajalla yang memiliki kebaikan yang banyak, dia adalah telaga yang dikembalikan ke dalamnya umatku pada hari kiamat, wadahnya sejumlah bintang bintang, bergemetar seorang hamba diantara mereka, lalu aku berkata, Ya Tuhan ia adalah umatku, lalu Allah berfirman: engkau tidak tahu apa yang terjadi setelah kamu.”

b)      Penjelasan terhadap makna lafaz yang diperselisihkan maknanya oleh para sahabat.
Contohnya hadis riwayat Muslim:
عن أبي سعيد الخدري: سمعت أبي سلمة بن عبد الرحمن , قال: مر بي عبد الرحمن بن ابي سعيد الخدري, قال: قلت له: كيف سمعت أباك يذكر في المسجد الذي أسس على التقوى؟ قال: قال أبي: دخلت على رسول الله صلى الله عليه و سلم في بيت بعض نسائه, فقلت يا رسول الله, أي المسجدين الذي أسس على التقوى؟ قال: فأخذ كفا من حصباء, فضرب به الأرض, ثم قال: هو مسجدكم هذا لِمسجد المدينة. قال: فقلت: أشهد أني سمعت أباك هكذا يذكرُه.[10]
“Dari Abi Said al-Khudri: aku mendengar Abi Salamah bin Abdur Rahman berkata: Aku berjalan bersama Abdur Rahman bin Abi Said al-Khudri berkata: Aku bertanya kepadanya: Bagaimana engkau mendengar ayahmu menerangkan tentang mesjid yang dibangun atas takwa? Dia menjawab: ayahku berkata: Aku menemui Rasulullah saw di antara rumah istrinya, lalu aku bertanya: ya Rasulallah, masjid manakah yang dibangun atas takwa? Dia berkata: kemudia Rasulullah mengambil segenggam kerikil, dan dia menghempaskannya ke tanah, dan kemudian berkata: ini adalah masjid kalian ini mengarah ke masjid madinah. Dia berkata: lalu aku mengatakan: aku bersaksi bahwa aku mendengar ayahmu menerangkan seperti hal itu.
c)      Menjelaskan makna yang terkandung dari suatu lafaz Alquran.
Contohnya hadis riwayat Syaikhani:
عن عائشة أم المؤمنين: لما نزلت الآيات من آخر سورة البقرة في الربا, قرأها رسول الله صلى الله عليه وسلم على الناس ثم حرم التجارة في الخمر. [11]
 “Dari Aisyah ra dia berkata: “Ketika diturunkan ayat akhir surah al-Baqarah tentang riba, Rasulullah saw membacakannya kepada manusia, lalu Rasul mengharamkan perdagangan khamr”.
d)     Menjelaskan makna sebenarnya dari apa yang terkandung dari suatu ayat Alquran.
Contohnya penjelasan terhadap fiman Allah swa surah AlaAn’am ayat 158:
يوم يأتي بعض آيات ربك لا ينفع نفسا إيمانها لم تكن آمنت من قبل أو كسبت في إيمانها خيرا
 “Pada hari datang sebagian ayat Tuhanmu, tidak bermanfaat seseorang imannya yang tidak beriman dari sebelumnya, atau berusaha berbuat baik dalam imannya”  Dalam Hadis, Nabi menjelaskan bahwa saat iman yang tidak berguna kecuali kalau seseorang sudah punya iman terlebih dahulu, itu terjadi tatkala matahari  terbit dari arah barat:
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تقوم الساعة حتى تطلع الشمس من المغرب, فإذا طلعت الشمس من المغرب آمن الناس كلهم و ذلك حين (يوم يأتي بعض آيات ربك لا ينفع نفسا إيمانها لم تكن آمنت من قبل أو كسبت في إيمانها خيرا)
 Dari Abi Hurairah r.a., berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak didirikan saat hari kiamat sehingga matahari terbit dari barat, maka apabila matahari terbit dari barat dan manusia melihatnya, mereka semua beriman, (pada saat tidak bermanfaat seseorang imannya),dan itu adalah saat: (kemudian Rasul membaca ayat) (al-An’ām ayat 158)”.
e)      Menjelaskan adanya hubungan antara hadis dengan ayat Alquran.
Contoh bentuk ini adalah penjelasan makna api neraka dalam fiman Allah surah al-Baqarah ayat 24:
فاتقوا النار التي وقودها الناس و الحجارة أعدت للمتقين
“Takutlah kepada api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, disediakan untuk orang-orang kafir”.
Ayat ini dijelaskan dalam beberapa hadis yang menerangkan makna dari api neraka, seperti:
عن أبي هريرة: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ناركم جزء من سبعين جزءا من نار جهنم, قيل يا رسول الله إن كانت لكافيةً قال: فُضِّلتْ عليهن بتسعة وستين جزءا كلُّهُن مثلُ حَرِّها[12]
“Dari Abi Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Apimu adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api jahannam”, dikatakan: “Wahai Rasul kalau seperti itu sudah cukup (panas)” Nabi berkata: “dilebihkan panasnya dengan enam puluh sembilan bagian, setiap bagian sama panasnya”.


BAB III
PENUTUP
Dari paparan tafsir Alquran dengan Hadis, seperti diterangkan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Hadis sebagai sumber hukum kedua setelah Alquran memiliki fungsi penting untuk menafsirkan Alquran yaitu sebagai bayānal-taqrīr, bayānal-tafsīr yang mencakup tafs}il al-mujmal, takhs}is} al-‘Ām, taqyidal mut}laq.
Model penggunaan Hadis untuk menafsirkan Alquran dapat berbentuk: Hadis digunakan untuk menjelaskan sebab turunnya ayat Alquran. Juga menjelaskan lafaz atau ayat, yang mencakup: penjelasan terhadap makna lafaz yang belum diketahui maknanya selain melalui penjelasan Nabi. Penjelasan terhadap makna lafaz yang diperselisihkan maknanya oleh para sahabat. Menjelaskan makna yang terkandung dari suatu lafaz Alquran. Menjelaskan makna sebenarnya dari apa yang terkandung dari suatu ayat Alquran. Menjelaskan adanya hubungan antara Hadis dengan ayat Alquran. Dan kegunaan-kegunaan lain yang mungkin saja akan diketemukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan.



DAFTAR PUSTAKA
Khalid Abdul al-Rahman al-‘Ak, Us}ūl al-Tafsīr wa Qawā’iduhu, (Beirut: Dar Al-Nakhais, 1986)
Munzier Suparta, Ilmu Hadis, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Muhammad Sayyid Tontowi, al-Tafsir al-Wasit li al-Qur`an al-Karim, (Qahira: Dar al-Nahdah, 1997 M)
Muslim bin al-Hajaj al-Qusyairi, Sahih Muslim
Muhammad Ismail al-Bukhari, sahih al-Bukhari



[1] Khalid Abdul al-Rahman al-‘Ak, Us}ūl al-Tafsīr wa Qawā’id}uhu, (Beirut: Dar al-Nakhais, 1986), hlm. 126.
[2] Munzier Suparta, Ilmu Hadis, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2011), hlm. 58
[3] Muhammad Ismail al-Bukhari, sahih al-Bukhari, nomor 6008
[4] Muhammad Ismail al-Bukhari, sahih al-Bukhari, nomor 6251
[5] Muhammad Ismail al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, nomor 1760
[6] Muslim bin al-Hajaj al-Qusyairi, Sahih Muslim, nomor 1684
[7] Muhammad Ismail al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, nomor 6789
[8] Muhammad Ismail al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, nomor 1770
[9] Muslim bin al-Hajaj al-Qusyairi, Sahih Muslim, nomor 400  
[10] Muslim bin al-Hajaj al-Qusyairi, Sahih Muslim, nomor 1398
[11]  Muhammad Ismail al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, nomor 4540
[12] Muhammad Ismail al-Bukhari, Sahih al-Bukhari, nomor 3265

NAMA - NAMA ALQURAN

NAMA-NAMA ALQURAN

BAB I
PENDAHULUAN
            Alquran merupakan kitab yang paling besar diantara kitab-kitab yang Allah SWT telah berikan kepada para Nabi-Nya sebelum Nabi Muhammad SAW. Seperti kitab Taurat untuk Nabi Musa, kitab Zabur untuk Nabi Daud, dan kitab Injil untuk Nabi Isa.
            Kemunculannya dalam kehidupan manusia adalah sebagai sumber inspirasi tertinggi dalam menjalani kehidupan di dunia . Hal ini berarti Alquran merupakan pedoman manusia dalam bertingkah laku sehari-hari di dunia. Alquran muncul sebagai penyempurna wahyu yang lebih dahulu turun kepada umat Yahudi dan Nasrani. Ia juga turun sebagai mukjizat untuk mempertahankan kehidupan umat Islam sekaligus sebagai penantang kesombongan dan keangkuhan orang-orang kafir.
            Alquran turun dalam rentang waktu yang lumayan panjang. Melalui perantara malaikat Jibril, Alquran diturunkan secara tadriji atau berangsur-angsur kepada hati Nabi Muhammad seperti yang terungkap di dalam Quran Surah Al-Syu’araa ayat 192 sampai ayat 196. Ayat Alquran yang pertama kali diturunkan adalah QS Al-Alaq ayat satu sampai dengan ayat lima, saat Nabi Muhammad berada di Gua Hira’ pada tahun 610 M. Selanjutnya, wahyu turun secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari atau 23 tahun, dengan perincian 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah, sampai beliau wafat .
            Lebih dari itu semua Allah sendiri lah yang bertanggung jawab mengumpulkan Alquran, dengan  perincian 30 juz, 114 surah,yang terdiri dari 554 rukuu’, dan 6.614 ayat. Ayat-ayat dalam Alquran dibagi menjadi dua bagian menurut tempat diturunkannya yaitu ayat-ayat Makkiyyah yang diturunkan di Makkah dan ayat-ayat Madaniyah yang diturunkan di Madinah. Ayat-ayat Makkiyah, pada umumnya pendek-pendek, berhubungan dengan keimanan, ancaman dan pahala, kisah umat terdahulu, dan moralitas umat . Jumlah ayat untuk ayat-ayat Makkiyah berjumlah 4.780 ayat. Sedangkan untuk ayat-ayat Madaniyah adalah sisa bagian serta sisa ayat selain ayat-ayat Makkiyah. Ayat-ayat Madaniyah berjumlah 1.456 ayat,.
            Al-Quran adalah jalinan petunjuk yang kokoh, peringatan yang bijak, jalan yang lurus, tak tersentuh hawa nafsu, tak terancukan oleh ucapan manusia, jin, dan setan .

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Alquran
     "Alquran" menurut pendapat yang paling kuat seperti yang dikemukakan Dr. Subhi Al Salih berarti "bacaan", asal kata qara’a. Kata Alquran itu berbentuk masdar dengan arti isim maf’ul yaitu maqru’ (dibaca).

            Di dalam Alquran sendiri ada pemakaian kata "Quran" dalam arti demikian sebagal tersebut dalam ayat 17, 18 surah (75) Al Qiyaamah:

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (١٧)فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (١٨)

Artinya:‘Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur’an (didalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggunggan kami. karena itu jika kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikut bacaannya".

Kemudian dipakai kata "Qur’an" itu untuk Alquran yang dikenal sekarang ini.

            Adapun definisi Alquran ialah: "Kalam Allah Swt yang merupakan mukjizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad dan yang ditulis di mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah"

            Dengan definisi ini, kalam Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad Saw tidak dinamakan Alquran seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa atau Injil yang diturun kepada Nabi Isa. Demikian pula Kalam Allah Swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw yang membacanya tidak dianggap sebagai ibadah, seperti Hadis Qudsi, tidak pula dinamakan Alquran.

B. Penjelasan Nama-Nama Alquran

            Telah banyak ulama yang mencoba mengumpulkan dan menghitung nama-nama Alquran dalam kitab yang mereka karang. Namun demikian, tidak ada kesepakatan di antara para ulama tersebut tentang berapa sebenarnya jumlah nama dari Alquran.
            Imam Az Zarkasyi dalam kitabnya Al Burhan fi ‘Ulumil Quran mengutip pendapat Al Harali (wafat 647 H) bahwa jumlah nama Alquran tidak lebih dari 90 nama. Imam Az Zarkasyi juga mengutip pendapat Abul Ma’ali Azizi bin ’Abdul Malik bahwa Alquran memiliki 55 nama. Imam As Suyuthi dalam kitabnya Al Itqon fi ‘Ulumil Quran juga mengutip pendapat yang menyatakan bahwa nama Alquran berjumlah 55. Sholih bin Ibrahim al-Bulaihi dalam karyanya Al Huda wal Bayan fi Asmail Quran berpendapat bahwa Alquran memiliki 46 nama. Sedangkan Al Fairuz Abadi dalam kitabnya Basoir Dzawit Tamyiz fi Latoifil Kitabil ‘Aziz menyebutkan bahwa Alquran memiliki 100 nama.
            Ketidaksepakatan mengenai jumlah nama Alquran tersebut dikarenakan adanya perbedaan pendapat mengenai pengelompokkan mana yang sebenarnya merupakan nama Alquran dan mana yang sebenarnya hanyalah sifat dari Alquran. Sebagian ulama menolak pendapat bahwa Alquran memiliki banyak nama hingga berjumlah puluhan dan mengatakan bahwa sebagian besar dari jumlah tersebut hanyalah sifat, bukan nama. Sebagian ulama, semisal Al Mawardi, juga berpendapat bahwa nama sebenarnya dari Alquran hanya berjumlah lima, yaitu Alquran, Al Kitab, Adz Zikr, Al Furqon, dan At Tanzil.
            Terlepas dari berbagai pendapat mengenai berapa jumlah sebenarnya dari nama-nama Alquran, hal yang perlu disepakati adalah bahwa nama dan sifat dari Alquran bersifat tauqiffiyah. Artinya, nama dan sifat yang disematkan kepada Alquran haruslah berdasarkan Alquran dan hadis Nabi, tidak dibenarkan untuk dibuat-buat sendiri.

C. Di Antara Nama dan Sifat Alquran
1. Alquran (Bacaan/Yang Mengumpulkan)
Nama ini merupakan nama yang paling utama dan digunakan oleh Allah di banyak tempat, semisal dalam dua ayat berikut:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ تَنْزِيلا (٢٣)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkan Alquran kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur.” (QS. Al Insaan: 23).
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ (٢)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Alquran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2).

2. Al Kitab (Buku)
Nama Al Kitab Allah gunakan dalam awal surat Al Baqoroh:

ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (٢)
 “Inilah Al Kitab yang tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 2).

3. Adz-Dzikr (Pemberi Peringatan)
Allah menyebut nama Adz Dzikr di antaranya dalam surat Al Hijr:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ (٩)

 “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS. Al Hijr: 9).

4. Al-Furqan (Pembeda)
Disebut sebagai Al Furqon (Pembeda) karena Alquran membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Allah menyebut nama ini dalam firmanNya:

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا (١)

 “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Alquran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS. Al Furqaan: 1).

5. At-Tanzil (Yang Diturunkan)
Nama ini Allah gunakan dalam firmanNya:
وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (١٩٢)

 “Dan sesungguhnya Alquran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam” (QS. Asy Syu’ara’: 192).

6. 50 Nama lainnya
Berikut lima puluh nama lainnya dari Alquran beserta ayat dimana Allah menggunakan nama tersebut, yang dikumpulkan oleh Abul Ma’ali Al-Uzaizi bin Abdul Malik dalam kitabnya Al Burhan:

Al Mubîn (Yang Menjelaskan; QS. Ad Dukhan: 2), Al Karîm (Yang Mulia; QS. Al Waqi’ah: 77), Al Kalâm (Perkataan; QS. At Taubah: 6), An Nûr (Cahaya; QS. An Nisa’: 174), Al Hudâ (Petunjuk; QS. Yunus: 57), Ar Rahmah (Kasih Sayang; QS. QS. Yunus: 57), Asy Syifâ’ (Obat; QS. Al Isro’: 82), Al Mau’idhah (Nasehat; QS. Yunus: 57), Al Mubârak (Yang Diberkahi; QS. Al Anbiya’: 50), Al Aliy (Yang Tinggi; QS. Az Zukhruf: 4), Al Hikmah (Himah; QS. Al Qomar: 5), Al Hakîm (Hakim; QS. Yunus: 2), Al Muhaimin (QS. Al Maidah: 48), Al Habl (Ikatan; QS. Ali Imron: 103), Ash Shirâth Mustaqîm (Jalan Yang Lurus; QS. Al An’am: 153), Al Qayyim (Bimbingan yang Lurus; QS. Al Kahfi: 3), Al Qaul (Perkataan; QS. At Thoriq: 13), Al Fashl (Yang Merinci; QS. At Thoriq: 13), An Naba’ al Adhîm (Berita Yang Besar; QS. An Naba’: 2), Ahsanal Hadîts (Perkataan Terbaik; QS. Az Zumar: 23), Al Matsany (Yang Diulang-ulang; QS. Az Zumar: 23), Al Mutasyâbih (Yang Sreupa; QS. Az Zumar: 23), Ar Ruh (Ruh; QS. Asy Syuro: 52), Al Wahyu (Wahyu; QS. Al Anbiya’: 45), Al Araby (Yang Berbahasa Arab; QS. Yusuf: 2), Al Bashâ’ir (Bukti; QS. Al A’rof: 203), Al Bayân (Penjelasan; QS. Ali Imron: 138), Al Ilmu (Ilmu; QS. Al Baqoroh: 145), Al Haq (Kebenaran; QS. Ali Imron: 62), Al Hâdi (Petunjuk; QS. Al Isro’: 9), Al ‘Ajab (Yang Menakjubkan; QS. Al Jin: 1), At Tadzkiroh (Peringatan; QS. Al Haqqoh: 48), Al Urwatul Wutsqâ (Ikatan Yang Kuat; QS. Al Baqoroh: 256), Ash Shidq (Kebenaran; QS. Az Zumar: 33), Al Adl (Keadilan; QS. Al An’am: 115), Al Amr (Perintah; QS. At Tholaq: 5), Al Munâdy (Yang Menyeru; QS. Ali Imron: 193), Al Busyrâ (Kabar Gembira; QS. Al Baqoroh: 97)), Al Majid (Yang Mulia; QS. Al Buruj: 21), Az Zabûr (Zabur; QS. Al Anbiya’: 105), Al Basyir (Pemberi Kabar Gembira; QS. Al Fushilat: 4), An Nadzîr (Pemberi Peringatan; QS. Fushilat: 4), Al Azîz (Yang Mulia; QS. Fushilat: 41), Al Balâgh (Penjelasan; QS. Ibrohim: 52), Al Qashash (Kisah-kisah; QS. Yusuf: 3), Ash Shuhûf (Lembaran-lembaran; QS. ‘Abasa: 13), Al Mukarramah (Yang Dimuliakan; QS. ‘Abasa: 13), Al Marfû’ah (Yang Ditinggikan; QS. ‘Abasa: 14), Al Muthahharah (Yang Disucikan; QS. ‘Abasa: 14).

            Jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang makna nama-nama tersebut, silahkan merujuk ke Al Burhan fi ‘Ulumil Qur’an (1/276-281) karya Al Imam Az Zarkasyi dan Al Itqon fi ‘Ulumil Qur’an (1/146-148) karya Al Imam As Suyuthi.

D. Nama-Nama Alquran dari Hadis
            Fairuz Abadi juga menyebutkan beberapa nama Alquran yang beliau klaim berasal dari hadis-hadis Rasulullah (namun beliau tidak menyebutkan teks dan sanad dari hadis yang dimaksud), di antaranya: Hablullah Al Matin (Tali Allah yang Kuat), Syifaullah An Nafi’ (Obat Allah yang Bermanfaat), Al Mursyid, Al Mu’addil, Al Mu’tashom, Al Hadi (Petunjuk), Al ‘Ishmah, Qoshimuz Zhor, Qishmatullah, An Naba’ Al Khobar, Ad Dafi’ (Penghalang), dan Sohibul Mu’min (sahabat bagi orang yang beriman).


BAB III
PENUTUP
            Alquran adalah salah satu kalam allah Swt yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw dan arti “Quran” berarti “bacaan” yaitu pedoman seluruh umat islam diseluruh penjuru dunia yang dipakai sebagai petunjuk, pegangan dan lain sebagainya, di dalam baik melakukan ibadah, budi pekerti dan lain-lain. Alquran merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah Swt, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara.
            Kandungan dalam Alquran yaitu Akidah, Ibadah, Akhlak, Hukum, Sejarah dan dorongan untuk berfikir. Alquran merupakan mukjizat bagi Rasulullah "Muhammad Saw, pedoman hidup bagi setiap muslim, korektor dan penyempurna terhadap kitab-kitab Allah Swt yang sebelumnya dan bernilai abadi.


SUASANA PELEPASAN SISWA SISWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019







MERIAH ; HUT ALWASHLIYAH KE 88 DI MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM



 
Peringatan Hari Lahir (Harlah) Al washliyah ke- 88 dengan tema "Hiduplah Alwashliyah Zaman Berzaman" dilaksanakan di halaman sekolah Perguruan Al-Jamiyatul Washliyah Desa Pakam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Kamis 29/11/2018. Pelaksanaan ini diprakarsai oleh Keluarga Besar MAS Alwashliyah Desa Pakam.
Hadir Pimpinan Cabang (PC) Al-Washliyah Kecamatan Medang Deras Ustadz Al asari S.Ag. M.Si, Ikatan Pelajar Al-Washliyah Batu Bara, Pj Kades Pakam Sarifudin, Kasek Perguruan Al-Washliyah se-Kecamatan Medang Deras, Formis Batu Bara, Masyarakat setempat ratusan pelajar Alwashliyah se-Kecamatan Medang Deras.
Pada sambutan Ketua Panitia kegiatan Harlah Al-Washliyah Ustadz Sahruman S.PdI mengajak para pelajar terus bersemangat mendalami ilmu agama dengan mengikuti pelatihan yang diadakan disekolah masing masing.
Pada kesempatan itu Pj Kepala Desa Pakam Sarifudin  mengucapkan selamat HUT Al Washliyah ke-88 dan mengharapkan para Santri dapat
lebih tekun mengikuti pelajaran yang diberikan para guru.
Selain itu beliau meminta supaya dapat meningkatkan pelajaran agama yang mana dengan ilmu agama maka Bangsa dan Negara akan kuat dan kokoh.
Beliau juga meminta kepada para santri tidak terlibat dengan pergaulan bebas diantaranya menghindari narkoba dan kejahatan lainnya " saya harap sekolah ini dapat meningkatkan extrakurikuler gunanya supaya para Siswa/i tidak terpengaruh dengan pergaulan bebas" pintanya.
Ketua PC Al Wasliyah Kecamatan Medang Deras Ustadz Al asari S.Ag. Msi memberikan apresiasi kepada Panitia penyelenggara dan pengurus Cabang Al Washliyah yang  telah bersusah payah mensukseskan acara tersebut.
Momentum HUT Alwashliyah adalah sebagai momentum untuk meningkatkan dan menciptakan generasi Bangsa yang mampu memberikan kontribusi di-Masyarakat.
Alwashliyah lahir dari proses yang diprakarsai oleh tuan guru kita dan menjadikan Ormas Al Washliyah menjadi organisasi  terbesar di Indonesia.
Lembaga Perguruan Aljamiatul Washliyah tidak akan berkembang jika Ikatan Pelajar Alwashliyah tidak menerapkan pengkaderan yang mana dikatakan bapak pendiri "besar besarkanlah Al Washliyah tapi jangan mencari makan di Al Washliyah, Besar Besarkanlah Alwashliyah karena besarnya Alwashliyah hidup menjadi berkah".
 
"Selamat HUT Alwashliyah semoga Al Washliyah tetap jaya hiduplah Alwasliyah dari zaman ke zaman dan selamat hari guru dan semoga para guru dapat lebih istiqomah menjalankan Tufoksi....takbir" tutupnya.
Srmentara Kasek Madrasah Aliyah Pakam Buya Jafar S.Ag dalam sambutan mengatakan
Pendiri Al Washliyah mempunyai cita cita dan Al Washliyah baik kecamatan, Daerah dari tingkat Nasional dan Internasional telah banyak menelurkan kader kader yang siap pakai.
Disamping itu, buya Jafar S.Ag mengucapkan Alhamdulilah karena Alwashliyah secara kuantitas telah mencapai tingkat yang memuaskan namun secara kwalitas beliau berharap kepada tenaga pendidik terutama guru disekolah ini  dapat lebih baik lagi karena mendidik adalah sifat terpuji dan ini perlu diinternalisasikan dan para kader Alwashliyah janganlah hanya mengharapkan imbalan semata namun pengabdian itu utamanya mencari ridho ALLAH dan tempat pengabdian.
Selain itu buya Jafar mengharapkan kepada seluruh siswa/i untuk dapat meningkatkan disiplin dan mendalami ilmu yang diajarkan.
" Semoga Alwashliyah hidup dari zaman ke zaman dan semoga menjadi guru sejati,marilah kita raih keberkahan mulai hari ini dan masa depan" pungkasnya.
 
Perayaan Harlah hari ini Perguruan Al-washliyah Pakam mengadakan perlombaan antar sekolah Kecamatan Medang Deras mulai dari TK/PAUD, SD, SMP/M.Ts,dan SLTA/Aliyah se-Kecamatan Medang Deras diantaranya MTQ, Tahfiz Qur'an, Sholat Jenazah, Cerdas Cermat, Kaligrafi, Mewarnai Logo Al-Washliyah dan Paduan Suara.
Acara diisi dengan tari tarian Melayu dan pada akhir acara para pelajar serta undangan dihibur dengan menampilkan pencak silat yang ditampilkan para Siswa/i dari sekolah tersebut