This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

PESAN AYAH SPIRITUAL

PENGANTAR PENERJEMAH

Dari seorang yang berprofesi sebagai pemintal wol, lahirlah seorang tokoh yang memiliki pengaruh dan prestasi yang sangat besar baik di dalam maupun di luar dunia Islam. Gelar yang disandangnya adalah Hujjah Al Islam atau Argumentasi Islam menjadi sebuah gelar yang sangat dihormati. Dialah Imam Al Ghazali, yang pemikirannya jauh menerobos persoalan teologi dan filsafat pada eranya serta pendidikan spiritual yang sangat berpengaruh sampai saat ini.

Imam Al Ghazali mempunyai banyak karya dalam berbagai bidang. Ihya Ulumuddin sebagai karya terbesarnya telah membelalakkan mata kita, bahwa dia seorang cendekiawan yang memiliki ilmu yang ensiklopedis. Minhajul Abidin sebagai tulisan yang menganjurkan moral yang bijak dan bestari. Kimia Sa'adah adalah dia tampakkan dirinya sebagai seorang motivator. Mukasyafah al-Qulub, tampaklah dia sebagai seorang sufi. Ketika kita mengkaji Tahafut Al-Falasifah kita pun terpana ternyata dia seorang filosof yang tegas dan progresif. Lain halnya jika kita baca Qawaidu al-Aqaid menampakkan bahwa dirinya sebagai seorang teolog. Pada saat membaca karyanya yang berjudul Ayyuha Al-Walad ternyata dia merupakan seorang pribadi agung yang sangat cinta dan kasih kepada anak-anak spiritualnya.

Dalam Ayyuhal walad -tulisan ini merupakan bagian dari karya tersebut - beliau sangat konsen memperhatikan pendidikan jiwa anak-anaknya. Memberikan panduan bagaimana menuju Allah subhanahu wa ta'ala melalui pemandu seorang mursyid yang baik.

Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala, kitab Ayyuha Al-Walad ini dapat diterjemahkan secara berangsur-angsur. Karya Sang Imam ini dirasa sangat penting untuk dibaca oleh setiap orang yang ingin merambah jalan menuju Tuhan. Setidaknya karya ini menjadi salah satu referensi untuk merujuk pada warisan para salaf yang memiliki nilai yang sangat tinggi.

Tidak ada gading yang tidak retak, dalam penerjemahan ini tentu saja banyak kesalahan dan kekurangan, maka dengan segala kerendahan hati kami bermohon untuk dapat memperbaikinya sebagaimana mestinya. Sehingga nilai keagungan daripada sang Imam ini tidaklah tercoreng dikarenakan usaha kecil dari seorang hamba yang lemah ini.

Pajak Sore, 4 Safar 1444 H.

Al-Faqir Japar.


INILAH KITAB YANG BERNAMA :

AYYUHA AL-WALAD

Pendahuluan

Segala puji bagi Tuhan yang memelihara dan mengawal seluruh alam, akhir kehidupan yang baik hanya bagi orang-orang yang taat dan takut kepada Allah SWT. Semoga rahmat dan  kesejahteraan dilimpahkan kepada Nabi Muhammad dan seluruh orang yang beriman.

Ketahuilah, bahwasanya ada seorang di antara murid yang maju yang selalu berdampingan berkhidmat kepada syekh Al-Imam penerang agama,  yang menjadi bukti atas kebenaran Islam,  Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, semoga Allah melimpahkan kesucian rohnya. Murid tersebut terus berusaha untuk mendapatkan pelajaran pendidikan dan pengajian ilmu dari syekh Al Ghazali, sehingga dia banyak memperoleh ilmu yang luas dan pendidikan jiwa yang sempurna.

Kemudian maka pada suatu hari dia bertafakur merenung tentang dirinya tiba-tiba dia mendapat pikiran seperti ini :

"Sesungguhnya aku telah membaca dan mempelajari ilmu yang banyak jenisnya aku habiskan masa muda dari sebagian umurku untuk mempelajari dan mengumpulkannya, dan sekarang maka wajarlah aku mengambil tahu tentang mana ilmu yang bermanfaat kepadaku dan yang akan menjadi sahabat padaku ketika aku berada di dalam kuburku. Serta ilmu mana yang tidak memberikan manfaat kepadaku supaya aku tinggalkan saja. Oleh sebab itu aku mengingat sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam"

 اللهم اني اعوذ بك من علم لا ينفع" 

(Ya Allah aku berlindung daripada ilmu yang tidak memberi manfaat"  

Pikiran ini terus-menerus bergejolak di dalam angan-angannya sehingga memaksa ia menulis surat kepada hadhrotus Syekh Hujjatul Islam Muhammad Al Ghazali rahimahullahu ta'ala meminta pendapat serta mengajukan beberapa pertanyaan memohon nasihat beserta doa.

Murid itu berkata:

Meskipun kitab-kitab karangan Syekh Al Ghazali banyak seperti kitab Ihya Ulumiddin dan lain-lain, mengandung petunjuk yang sangat banyak serta soal jawab ku ini, tetapi maksudku supaya tuan Syekh menulis keinginanku ini di dalam beberapa lembar kertas, agar aku bisa membawanya selalu selama hidupku dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya sepanjang umurku insya allahu  ta'ala.

Maka Syekh Al Ghazali menuliskan risalah ini, sebagai jawaban atas pertanyaan dan permohonan muridnya dan dikirimkannya,  wallahualam. 

Ketahuilah hai anakku yang tercinta dan yang mulia, mudah-mudahan Allah lanjutkan usiamu dalam ketaatan dan membawamu ke jalan yang dicintainya. Bahwasanya nasihat yang berkembang itu dipetik dari sumbernya yaitu risalah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam jika sudah ada nasihat yang sampai kepadamu darinya Rasulullah)  maka apa perlunya ananda meminta nasehatku lagi? Dan jika tidak ada yang sampai kepadamu hendaklah ananda  kasih tahu padaku apakah yang telah ananda  peroleh sepanjang tahun-tahun yang lalu?


Bersambung, Insyaallah.

Diterjemahkan oleh : JAPAR, M.Ag (Ka. MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM MEDANG DERAS BATU BARA)


IQAMAH KETIKA HENDAK SHALAT JANAZAH, ADAKAH?



Dalam suatu pelaksanaan shalat jenazah, tiba-tiba ada terdengar suara semacam perintah bahwa pelaksanaan shalat jenazah tidak memakai iqamah. Benar, sepanjang yang terdengar pada saat itu tidak ada suara atau panggilan apapun sebagai isyarat untuk memulai pelaksanaan shalat jenazah tersebut. Shalat  tersebut pun berjalan dengan lancar, sampai akhir.

Setelah keluar dari majelis pelaksanaan shalat jenazah tersebut tiba-tiba seseorang mendekati saya. Dia mengatakan, "Kok aneh, tidak ada seruan "as-shalatu jami'ah". Sehingga orang tidak tahu bahwa pelaksanaan shalat jenazah akan dimulai" Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan, "Bagaimana menurut pendapat bapak?"


Ungkapan orang ini dapat dimaklumi, mungkin karena selama ini pelaksanaan shalat jenazah dimulai dari seruan yang diucapkan seseorang dengan lafadz ash-shalatu jami'ah sebanyak tiga kali yang disambung dengan ucapan rahimakumullah. Kemudian disambut oleh jamaah dengan lafaz "shalatu laa ilaha illallah Muhammadur Rasulullah"


Mendapat pertanyaan seperti itu, saya pun sedikit kaget, karena tidak tahu mau jawab apa. Untuk sekedar menanggapi, saya menjawab dengan apa adanya, memang seingat saya iqamah shalat jenazah itu tidak ada. Tetapi bukan tidak ada ungkapan atau seruan untuk memulai shalat tersebut. Hanya redaksinya saya lupa. Demikian saya menjelaskan kepadanya. Setelah itu dialog pun berhenti dan beralih pada tema yang lain. 


Di sepanjang perjalanan saya dari pertemuan dengan orang tersebut, pertanyaan itu menjadi uneg-uneg buat saya. Karena saya berfikir apakah penjelasan itu sudah benar atau tidak. Maka saya mencoba untuk membuka kembali buku-buku yang ada di lemari buku milik pribadi yang relatif sedikit. Tulisan berikut ini merupakan hasil perselancaran dilakukan pada rak kecil buku-buku tersebut.


Iqamah 

Dalam kajian fiqih pembahasan iqomah digabungkan dengan adzan. Sehingga di dalam kitab-kitab tersebut pembahasan tentang adzan dan iqamah selalu berbarengan.


Iqamah adalah bentuk masdar dari fi'il madhi lafadz aqama. Selanjutnya dijadikan nama sebuah dzikir tertentu karena sesungguhnya dzikir tersebut berfungsi untuk menjadikan shalat. (Fathul Qarib). 


Di dalam Minhajut Thalibin karya Imam Nawawi disebutkan bahwa adzan dan iqamah hukumnya Sunnah namun ada pendapat lain mengatakan fardhu kifayah.

Menurut Imam Syafii dan Hambali, lafaz iqamah sebanyak 11 kalimah yang tidak berulang, kecuali lafal "Qad qamatis shalah" diulang sebanyak dua kali. ,(Fiqhul Islam wa Adillatuhu, Wahbah Zuhaili,)


Adzan dan iqomah disyariatkan untuk shalat fardhu sementara, dalam shalat Ied dan semisalnya seruan untuk mengajak atau memulai melaksanakan salat menggunakan redaksi "ash-shalata jami'ah" artinya "mari shalat secara berjamaah". 


Di dalam Ensiklopedi Hukum Islam terbitan PT. Van Hoeve Baru juga dijelaskan bahwa dalam bahwa dalam shalat Ied tidak ada adzan dan Iqamah, sebagai gantinya adalah "ash-shalatu jami'ah".


Kalimat ash-shalatu jami'ah,  kedua kata ini dibaca nashab (huruf akhir dari kedua kata tersebut dibaca dengan baris fathah/atas). Kata yang pertama sebagai ighra' (munada yang bernuansa menggerakkan), sementara yang kedua sebagai hal (keterangan). Demikian penjelasan yang terdapat dalam al-Mahalli karya Syekh Imam Jalaluddin al-Mahalli. Istilah ighra' dan hal ini terdapat di dalam ilmu nahwu atau tata bahasa Arab. 


Seruan ketika hendak melaksanakan shalat jenazah.

Bagaimana dengan seruan yang terdapat saat hendak melaksanakan shalat jenazah, seperti apakah tuntunannya? Dalam kitab Minhajut Tholibin tidak dijelaskan secara spesifik tentang persoalan shalat jenazah apakah menggunakan iqamah atau tidak.




Tetapi di dalam Hasyiah Al-Bajuri disebutkan : "Berbeda dengan shalat jenazah, maka tidak diseru baginya (shalat jenazah), kecuali jika dibutuhkan. Maka dilantunkan الصلاة على من حضر من اموات المسلمين (Mari shalat atas mayat yang hadir dari orang-orang muslim yang meninggal dunia)". Dari keterangan ini dapat dipahami bahwa seruan ketika hendak melaksanakan shalat jenazah,  jika dibutuhkan,  bukan menggunakan redaksi "ash-shalata jami'ah". 



ILMUWAN MUSLIM SAAT ITU



Oleh: Ahmad Syahrin Thoriq 


1. Tahukan anda, sejak 1000 tahun yang lalu, tanpa alat bantu modern, al Biruni (Wafat 1048 M) telah menyatakan bahwa jarak keliling bumi adalah 40.225 Km ?


Penghitungan modern saat ini adalah 40.074. Dengan demikian penghitungan al Biruni sangat akurat, yakni mencapai ketepatan hingga 99,62 persen dan hanya menyimpang 0,38 persen saja.


2. Tahukah anda, sejak 1000 tahun yang lalu, para ahli geografer Muslim seperti Qutubuddin asy-Syirazi (1311 M), Yaqut al-Humawi (1229 M), Syarif al Idrisi (1154 M) dan lainnya telah membuat peta dunia dengan sangat akurat ?


Sangking detailnya peta yang dibuat, sampai orang Barat kala itu mengatakan kalau ilmuwan Muslim menggambar peta dengan bantuan dari bangsa Jin.


Karena begitu mereka menggunakan peta tersebut lalu mendatangi sebuah wilayah, ternyata tempat itu sangat mirip seperti yang ada dalam gambar. Letak gunung, sungai, garis pantai, bahkan jalan dan bangunan yang ada.


3. Tahukah anda, bahwa 1000 tahun lalu ahli astronom muslim seperti Ibnu Farabi (870 M) dan Ibnu Haytam (1040 M) telah menggambar secara detail fenomena gerhana bulan untuk menentukan tanggal dan peristiwa terjadinya gerhana dengan sangat akurat ?


Dan bab bumi bulat sudah selesai di bahas bahkan sejak abad kedua dan ketiga hijriyah.


4. Tahukah anda bahwa al Biruni sejak 1000 tahun lalu telah menemukan teori terjadinya gerhana ? Dan bahkan menghitung tanggal terjadinya.


Di mana masyarakat Eropa kala itu hingga beberapa abad kemudian masih meyakini bahwa gerhana adalah fenomena adanya hantu yang menelan matahari atau bulan.


5. Tahukah anda, sejak 1000 tahun yang lalu, Ibnu Firnas (810 M) telah melakukan uji coba penerbangan pertama ? Dan berhasil mengudara selama lebih dari 10 menit. Jauh sebelum Wright bersaudara menerbangkan pesawatnya.


6. Tahukah anda, sejak 1000 tahun lalu, Ibnu Sina (980 M) telah membuat peralatan kedokteran modern yang sebagiannya masih digunakan hingga hari ini ? Dia juga meninggalkan 40 Karya tulis dalam ilmu kedokteran yang sebagiannya masih dipelajari hingga hari ini.


7. Tahukan anda, sejak 1000 tahun yang lalu penulisan angka yang kita kenal hari ini telah direka oleh al Khawarizmi (850 M) ? Di mana uniknya setiap angka mewakili sudut. Angka 1 dengan satu sudut, hingga angka 9 pun memiliki sembilan sudut.


Dan dia memperkenalkan Aljabar ke Barat, metodenya jelas dan dapat diandalkan, hingga bukunya menjadi panduan dasar matematika di Eropa selama 400 tahun.


Demikianlah sejarah kaum muslimin ketika mereka dekat dengan kitab panduannya. Maka ketika saat ini generasi kita terjauh dari agamanya, jadilah umat ini pengekor bangsa lain dalam segala hal.


"Sejarah telah membuktikan jauh melampaui bayangan keraguan, bahwa tidak ada agama yang pernah mensuport kemajuan ilmu pengetahuan sebagaimana Islam telah melakukannya." (Leopold Weiss)

ANBK DI MAS ALWASHLIYAH SUKSES


Dengan mengucap syukur alhamdulillah, pelaksanaan ANBK ALWASHLIYAH DESA PAKAM  Tahun Ajaran 2022/2023 dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Tak lupa Terima kasih kepada siswa dan siswi MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM, siswa terpilih kami yang telah berjuang untuk menjalankan ANBK selama 2 hari mulai dari tanggal 29 Agustus - 1 September  2022.

     Do’a terbaik dari kami, Bapak dan Ibu guru serta Kepala Madrasah  agar kalian semua mendapatkan hasil yang maksimal, hasil yang memenuhi standard dan hasil terbaik untuk diri kalian secara personal dan madrasah  secara global.



Sejumlah 45 siswa kelas XI mMAS ALWASHLIYAH  melaksanakan Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022. Pelaksanaan Simulasi ANBK berlangsung secara semi daring selama dua hari yaitu sejak Senin hingga Selasa, 29-30 Agustus 2022. Asesmen Nasional MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM dilaksanakan di ruang komputer. Pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar dan tertib.

Pada hari kedua pelaksanaan ANBK, Madrasah Aliyah Al Washliyah Desa PAKAM mendapat kehormatan atas kunjungan tim monitoring ANBK Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara,  Bapak Rahmat Jamil S,Ag, MPd beserta dengan rombongan dari KASI PENDIS Kementerian Agama Batubara.



 

TES KEBUGARAN SISWA

 




Rabu, 24 Agustus 2022
Bekerjasama dengan UPT Puskesmas Lalang.
Mari Sukseskan Tes Kebugaran di MAS Al Washliyah Desa Pakam.

#madrasahhebat
#madrasahsehat
#madrasahthebest

Baca juga: APRESIASI KSM 2022









Tenaga Medis mencatat dan mendata kegiatan tes kebugaran para siswa



SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA DI

 Dalam rangka mensukseskan kurikulum merdeka di jajaran Kantor Wilayah Sumatera Utara, dilaksanakan

Sugiono Ketua FKKM Sumatera Utara

Syawaluddin Kasi Kurikulum. 

Rahmat Jamil 

Kepala dan Wakil Kepala Madrasah piloting project KURIKULUM MERDEKA di se Sumatera Utara.



Apresiasi Terhadap Juara KSM Tingkat Kabupaten Batubara di MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Pemberian Penghargaan Berupa Sertifikat dan uang Pembinaan oleh Kepala Madrasah Buya Jafar S Ag, M.Ag Kepada Guru Pembimbing dan Siswa yang telah menjuarai KSM Kabupaten Batubara. 

Adapun siswa yang memperoleh penghargaan itu adalah : 

  1. Sukma Pratiwi : Juara 2 bidang Studi Fisika Terintegrasi. 
  2. Ayu Andini  : Juara Harapan 1 Bidang Studi Kimia Terintegrasi . 
  3. Hailin Mutia Kasih  Juara Harapan 1 Biologi Terintegrasi.

Masing-masing juara mendapat apresiasi berupa pengurangan biaya pendidikan beberapa bulan. Sedangkan Guru Pembimbing, yaitu Siti Nurhaliza, SPd mendapat apresiasi berupa uang tunai sebesar 1 Juta Rupiah. 

Saksikan Video ini : PENGHARGAAN KEPADA JUARA KSM MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Kepala MADRASAH ALIYAH ALWASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS mengucapkan terimakasih kasih yang sebesar-besarnya kepada peraih penghargaan, sehingga mengangkat nama baik dan martabat madrasa. Demikian juga kepada pembimbing yang Sukses menghantarkan siswa menjadi juara. Kepada para siswa yang lain dan guru, kepala madrasah mengharapkan, agar mereka termotivasi lagi untuk meningkatkan kualitas diri demi menyongsong masa depan yang lebih sukses.

Selamat dan Semoga Sukses untuk guru dan siswa kami yang akan berkompetisi di Provinsi.

#KSMBatubara

#Masalwashliyahdesapakam

#majulahwashliyahzamanberzaman.

GALERI KEGIATAN UPACARA HUT RI 77

Hari ini, 17 Agustus 2022 bertempat di Lapangan Hijau Bola Kaki Kebun Ubi Desa Pakam, seluruh siswa dan guru MTS, MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM dan SD Negeri Desa Pakam, melaksanakan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara berlangsung dengan lancar dan hikmat. Pembina Upacara Japar, M.Ag. 


Fhoto: Suasana Khidmat Peringatan Detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 17 Agustus 2022. 


Saksikan Video Ini :

















KHANSA BINTI AMR : SASTRAWATI MUSLIMAH YANG TEGAR


 Namanya Tumadhir binti Amr bin al-Harits as- Syarif dari kalangan kabilah Mudhar. Lebih terkenal dengan panggilan Khansa, yang berarti pesek. Lahir pada periode Jahiliah dan tumbuh berkembang di gurun sahara. Kabilah Mudhar sangat dihormati oleh Rasulullah, karena kabilah ini menjadi benteng bagi kabilah-kabilah Arab lainnya. Menikah dengan seorang pria yang bernama Rawahah bin Abdul Aziz as- Sulami. Dari pasangan ini lahir empat orang putra yang menjadi kabilah Mudhar dan Islam.

Khansa merupakan wanita yang sangat terkenal dengan syair-syairnya. Untaian untaian syair diabadikan dalam bait syair jahiliyah. Telah menjadikan bangsa menjadi terkenal sebelum Islam didakwahkan. Diantara syair yang digubahnya adalah syair duka cita yang menceritakan tentang harii kematian saudara laki-lakinya Sakhr bin Amr  yang terbunuh dalam sebuah peperangan di zaman jahiliyah. Sebagai seorang penyair, wanita Arab yang bernasab  mulia ini, selalu menggoreskan karyanya untuk meringankan duka yang selalu meliputi hatinya.


Baca Juga :MODEL KEPEMIMPINAN ABU BAKAR RA.


Ketika dakwah Islam mulai didengungkan dia menjadi seorang muslimah dan kebiasaan bersyair pun tidak ditinggalkannya bahkan syair-syairnya sejak itu yang penuh dengan semangat iman. Terutama ketika kehilangan 4 orang putranya yang gugur sebagai syuhada dalam perang Qadisiyah. Sedikitpun ia tidak merasa sedih. Sebaliknya ia bersyukur karena telah berhasil mengantarkan putra-putra terbaiknya ke gerbang syahadah. Pantaslah kalau akhirnya ia dinobatkan dengan sebutan Ummu Syuhada yang artinya ibu para syuhada.

Ketika Allah memberikan hidayah ke dalam hati Khansa untuk menyambut iman bersama kaumnya. Dia menemui Muhammad shallallahu alaihi wasallam untuk menyatakan bai'ah dan sumpah setia terhadap Islam. Kesungguhannya untuk menjadi hamba Allah yang beriman dibuktikannya dengan menampakkan fanatisme yang tinggi terhadap Islam.  Secara spontanitas budaya jahiliyah ditinggalkan dengan penuh kesadaran. Dia benar-benar siap untuk menjalani kehidupan menuju hidayah Tuhan.

Keagungan dan kebesarannya semakin berkibar setelah dia menjadi seorang muslimah shahabiyah yang sejati.  Orang tidak hanya mengenalnya sebagai seorang sastrawan Islam tapi sebagai juru dakwah yang militan. Memberikan andil yang sangat signifikan dalam membantu perjuangan dakwah Islam bersama para shahabiyah  lainnya membantu dan membentuk kader-kader Islam sejati.

Dalam dunia perjuangan pun dia ikut melibatkan diri.  Kendati hanya seorang wanita, namun dengan penuh keberanian ia bertekad untuk menegakkan jihad. Tekadnya begitu kuat diwujudkannya ketika Khalifah Umar bin Khattab memerintahkan pasukan muslimin untuk membebaskan tanah Persia dari kungkungan kaum musyrik.  Ia menyertai keempat putranya berjihad di Medan Qadisiyah.

Semangat jihad terus dikobarkannya kepada anak-anaknya. Sebelum pertempuran Qadisiyah yang berkecamuk ia mengumpulkan seluruh anak-anaknya itu. Dengan sikap penuh kearifan. Ia menasehati mereka agar tetap tegar dalam pendirian dan tidak lari dari medan pertempuran.  Sugesti yang penuh pengaruh religi itu terus-menerus ia tiupkan kepada anak-anaknya. Harapan besar yang diinginkan dari seluruh putra-putranya adalah luapan perasaan cinta yang membara untuk mencari syahadah di jalan Allah. 

Tutur hikmah yang mengandung nasehat darinya, "Wahai anak-anakku, kalian masuk Islam dengan taat dan hijrah atas kemauan sendiri. Demi Allah yang tidak ada sesembahan yang hak selain Dia, sesungguhnya kalian adalah putra dari seorang wanita. Tidaklah aku menginginkan untuk berkhianat pada ayah kalian tidak pernah mencemarkan Paman kalian. Aku tidak menjelekkan asal keturunan kalian dan tidak pula merubah nasib kalian. Kalian telah tahu bahwa Allah menjanjikan pahala yang besar bagi kaum muslimin dalam memerangi orang-orang kafir. Ketahuilah wahai anak-anakku, sesungguhnya negeri yang kekal adalah lebih baik daripada negeri yang fana. Ingatlah Allah ketika berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiaga di perbatasan negerimu dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian beruntung"

"Wahai anak-anakku, bila kalian bangun di esok hari dalam keadaan selamat insya Allah, maka bersiaplah untuk memerangi musuh-musuh kalian, minta tolonglah kepada Allah dalam menghadapi mereka titik apabila kalian melihat api peperangan telah berkobar dan telah menyala maka bertarunglah dengan gigih supaya kalian mendapat kemenangan kemuliaan surga yang kekal"

Nasihat Ibunda tercinta diterima oleh anak-anaknya. Keesokan hari, dengan berbekal iman, tawakal dan semangat keempat putra Khansa bergegas untuk menuju medan laga bersama pasukan muslimin lainnya. Sedikitpun mereka tidak merasa gentar dalam menghadapi musuh-musuh Islam.  Dengan mental baja sebagian besar musuh berhasil diterjang.

Akhirnya dengan pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala kaum muslimin berhasil memukul mundur tentara Persia. Namun, keempat putra Khansa semuanya gugur.

Sampailah berita duka itu kepada ibu yang sabar ini. Namun jiwanya begitu tegar. Senyum kegembiraan karena ternyata Allah menganugerahkan kepadanya putra-putra yang terbaik telah menghapus segala kesedihannya. Sedikitpun ia tidak meratapi dan menyesali diri, sebagaimana dulu pernah dilakukannya pada masa-masa jahiliyah, yaitu ia melepas saudara laki-lakinya yang terbunuh di badan pertempuran.  Yang terucap lirih dari lisannya hanyalah kata-kata indah yang menggambarkan segala keagungan pribadinya sebagai figur seorang ibu muslimah yang sejati.  Dari pribadi yang mulia ini terpancar kekuatan keyakinan terhadap sang Rabb yang bersinar cahaya. Dengan segala ketegaran ia berkata, "Segala puji bagi Allah, yang telah memuliakan aku dengan syahidnya mereka,  dan aku harap dari Rabbku agar mengumpulkan aku dengan mereka kelak di tempat Rahmatnya yang kekal".

Pada awal masa pemerintahan Utsman, Khansa menghembuskan nafasnya yang terakhir. Dunia islam merasa kehilangan figur wanita terbesar ini. Nama harumnya sebagai penyair dan ibu bagi para syuhada terus terjaga baik dalam kenangan sejarah. Semoga Allah senantiasa merahmatinya. Amin.


Pajak Sore, 17 Agustus 2022.

PENEMU ANGKA NOL

 Dunia Eropa / Barat dari dulu sampai dengan sekarang sepertinya mengklaim bahwa Gudang Ilmu Pengetahuan berasal dari kawasan Eropa / Barat tapi tahukah anda, sejatinya asal Gudang Ilmu Pengetahuan berasal dari kawasan Timur Tengah yaitu Mesopotamia yang menjadi peradaban tertua di dunia.

Masyarakat dunia sangat mengenal Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar. Namun, dibalik kedigdayaan Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar ternyata hasil pemikirannya sangat dipengaruhi oleh ilmuwan Muslim bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Dia adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Khiva (Iraq) pada tahun 780. Selama ini banyak kaum terpelajar lebih mengenal para ahli matematika Eropa / Barat padahal sejatinya banyak ilmuwan Muslim yang menjadi rujukan para ahli matematika dari barat

Selain ahli dalam matematika al-Khawarizmi, yang kemudian menetap di Qutrubulli (sebalah barat Bagdad), juga seorang ahli geografi, sejarah dan juga seniman. Karya-karyanya dalam bidang matematika dimaktub dalam Kitabul Jama wat Tafriq dan Hisab al-Jabar wal Muqabla. Inilah yang menjadi rujukan para ilmuwan Eropa termasuk Leonardo Fibonacce serta Jacob Florence.

Muhammad bin Musa Al Khawarizmi inilah yang menemukan angka 0 (nol) yang hingga kini dipergunakan. Apa jadinya coba jika angka 0 (nol) tidak ditemukan coba? Selain itu, dia juga berjasa dalam ilmu ukur sudut melalui fungsi sinus dan tanget, persamaan linear dan kuadrat serta kalkulasi integrasi (kalkulus integral). Tabel ukur sudutnya (Tabel Sinus dan Tangent) adalah yang menjadi rujukan tabel ukur sudut saat ini.

al-Khawarizmi juga seorang ahli ilmu bumi. Karyanya Kitab Surat Al Ard menggambarkan secara detail bagian-bagian bumi. CA Nallino, penterjemah karya al-Khawarizmi ke dalam bahasa Latin, menegaskan bahwa tak ada seorang Eropa pun yang dapat menghasilkan karya seperti al-Khawarizmi ini.

Dikutip dari berbagai sumber,  pernah dimuat di fbJapar Ag Atan.

BERKENALAN DENGAN KITAB FATHUL QARIB

 https://archive.org/download/fiqih-idola-terjemah-fathul-qorib--mktbhazzaen/Fiqih%20Idola%20Terjemah%20Fathul%20Qorib%20-%201.pdf


https://archive.org/download/fiqih-idola-terjemah-fathul-qorib--mktbhazzaen/Fiqih%20Idola%20Terjemah%20Fathul%20Qorib%20-%202.pdf



DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

 Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan Hari Berdirinya Negara Republik Indonesia (18 Agustus) atau dalam bahasa sehari-harinya Tujuh belasan, adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945.[1]

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan HUT RI dengan meriah, mulai dari Upacara bendera hingga berbagai macam perlombaan masyarakat seperti lomba panjat pinang, lomba makan kerupuk, tarik tambang, hias sepeda, dll. Masyarakat dan diaspora Indonesia di dalam dan di luar negeri memperingati dan merayakan hari tersebut yang diawali oleh upacara bendera dan peringatan detik-detik proklamasi pada pagi hari.


Menjelang Hari Kemerdekaan, Presiden Bangsa Indonesia selalu memberi Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia di Gedung MPR sebagai kegiatan yang sakral untuk menyambut Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Untuk menyemarakkan DIRGAHAYU KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA YANG KE 77, ayo pasang twibbon di media sosialmu. 

Ini link twibbonnya :  HUT KEMERDEKAAN RI KE 77


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 77

SIMULASI ASSESSMENT NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional pada 2021. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasinya dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

“Potret layanan dan kinerja setiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan Indonesia,” ucap Mendikbud saat Webinar Koordinasi Asesmen Nasional di Jakarta yang dihadiri oleh jajaran Dinas Pendidikan dari seluruh Indonesia, dan perwakilan Kementerian Agama, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), serta Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD) pada Selasa (06/10/2020).

Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Mendikbud melanjutkan, AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.

“Fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajaran karena justru membantu murid mempelajari bidang ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bantuk angka atau secara kuantitatif,” jelas Mendikbud.

Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. “Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif,” tutur Mendikbud.

Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Asesmen Nasional pada tahun 2021 dilakukan sebagai pemetaan dasar (baseline) dari kualitas pendidikan yang nyata di lapangan, sehingga tidak ada konsekuensi bagi sekolah dan murid. “Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaan agar tahu kondisi sebenarnya,” kata Mendikbud.

Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah.

“Sangat penting dipahami terutama oleh guru, kepala sekolah, murid, dan orang tua bahwa Asesmen Nasional untuk tahun 2021 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahan yang justru akan menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidak perlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional,” kata Mendikbud.

Senada dengan Mendikbud, anggota Badan Standar Nasional Pendididikan (BSNP), periode 2019 – 2023, Doni Koesoema mengatakan Asesmen Nasional ini menjadi salah satu alternatif transformasi pendidikan di tingkat sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, pengajaran, dan lingkungan belajar di satuan pendidikan.

“Melalui asesmen yang lebih berfokus, diharapkan perbaikan kualitas, layanan pendidikan bisa semakin efektif. Dengan demikian Kepala Dinas harus memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional di daerah dengan memperhatikan kesiapan sarana prasarana dan keselamatan peserta didik bila pandemi COVID-19 di daerahnya belum teratasi dengan baik” ujar Doni.

Untuk itu, Pemerintah mengajak semua para pemangku kepentingan untuk bersiap dalam mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional mulai tahun 2021 sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan Indonesia

Suasana Simulasi ANBK 2022 di MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM