/>https://maswashliyah.blogspot.com MATSAMA SISWA BARU MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 2024 DIGELAR ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

Jumat, 19 Juli 2024

MATSAMA SISWA BARU MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM 2024 DIGELAR


Desa Pakam, 19 Juli 2024. Peserta Didik Baru MAS Alwashliyah Desa Pakam Tahun Pelajaran 2024 / 2025 berjumlah lebih kurang 100 siswa mengikuti MATSAMA ( Masa Ta'aruf Siswa Madrasah ) bertema '' Menjadikan Generasi Unggul yang Berwawasan Global Sebagai Wujud Profil Pelajar Pancasila'' yang berlangsung di kompleks Alwashliyah Desa Pakam, Jumat s.d Sabtu , (19-20/07/2024).
MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, dan tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.
Acara MATSAMA dibuka secara resmi oleh Ka.MAS Alwashliyah Desa Pakam, Japar, M,Ag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa MATSAMA adalah bagian dari kegiatan yang wajib dilalui oleh setiap siswa baru madrasah dalam rangka untuk mengenal lebih dalam tentang profil madrasah dam menumbuhkan rasa cinta, rasa memiliki madrasah, sekaligus menumbuhkan semangat dalam mencapai cita-cita para siswa baru. 



Dalam rangka ikut menjaga dan merawat madrasah tercinta, Muhammad Aswan, SPdI selaku Tenaga Pendidik  ikut menyampaikan materi Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran pada acara Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah), salah satu diantaranya Siswa harus Merasa memiliki sebagai tanggung jawab didalam lingkungan madrasah sikap ini perlu disampaikan, agar supaya siswa baru bisa menjaga apa saja yg ada didalam lingkungan madrasah, karena semua yg ada di lingkungan tersebut sudah menjadi bagian dari dirinya.
Lebih lanjut Muhammad Aswan, SPd mengatakan  fasilitas belajar merupakan suatu alat atau pelengkap dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa maupun guru dengan tujuan untuk memperlancar ataupun memudahkan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Fasilitas berfungsi untuk tempat terselenggaranya proses pendidikan. Fasilitas belajar sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar karena semakin lengkap fasilitas yang dimiliki maka akan mempermudah kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan MATSAMA dilaksanakan dari tanggal 19 Juli s/d 20 Juli 2024 Materi pertama Moderasi beragama ( ukhuwah Islamiyah, islam rahmatan lil alamin ) disampaikan oleh Rusdi Hasibuan, SHI. Materi Kesiswaan Pengenalan tentang Aljamiyatul Washliyah dan materi-materi lain. Pemateri lain terdiri dari H. Al-Asari, S.Ag, MSi, Ade Hamid Al-Faridho, S.Sos. dan Farihin Abdillah Fattah, SE. 
Pengarah dan pelaksana kegiatan dari Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Alwashliyah Kecamatan Medang Deras, yang terdiri dari Ketua, Muhammad Khairul Rofa'i, Nurul Izzati, dan kawan-kawan .

0 comments:

Posting Komentar