/>https://maswashliyah.blogspot.com Mei 2024 ~ MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Translate

PUISI OLEH MUHAMMAD RIFAL AZHARI

MADRASAH ALIYAH ALWASHLIYAH DESA PAKAM MENERIMA SISWA BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Rabu, 29 Mei 2024

PELEPASAN 214 SISWA MTS dan MAS ALWASHLIYAH DESA PAKAM

Pakam (MAS Alwashliyah Pakam) -- Madrasah Aliyah Aliyah Alwashliyah Desa Pakam mengadakan Pelepasan dan Perpisahan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berlangsung di komplek Perguruan Alwashliyah Desa Pakam, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Dalam Laporannya ketua panitia pelaksana , menyampaikan bahwa kegiatan Pelepasan Kelas XII Angkatan ke-25, di Komplek Perguruan Alwashliyah Pakam  diikuti sebanyak 137 siswa terdiri dari Jurusan IPA, IPS dan Keagamaan. Turut dilepas pada kesempatan ini siswa MTS Alwashliyah Desa Pakam sebanyak 77 orang. 

“Pelepasan siswa kls XII untuk tahun ini memberikan makna yang berbeda, karena dilaksanakan di lingkungan sekolah, kita harus tetap bersyukur dalam keadaan sehat wal afiat” ungkap Ka. MAS Alwashliyah Desa  Pakam. Minggu (25/05/2024)

Panitia Pelaksana, Muhammad Fadli, SPdI dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak  dan jajarannya sebagai nara hubung antara pihak sekolah dan orang tua wali murid yang telah mendudkung suksesnya acara ini.

Perwakilan orang tua, Ismail, menyampaikan terima kasih  kepada Guru dan Tenaga kependidikan yang selama tiga tahun ini telah memberikan motivasi bimbingan dan segala kekuatannya kepada anak-anak kita semua yang telah menyelesaikan pendidikannya dan sebentar lagi menjadi Alumni dan akan berpisah meninggalkan MAS Alwashliyah Desa Pakam.

Salah seorang peserta pelepasan dan perpisahan kelas XII merasa bangga dan senang karena dapat memberikan prestasi untuk MAS Alwashliyah Desa Pakam. .

“Bangga serta bersyukur bertemu orang-orang yang luar biasa di MAS Alwashliyah Desa Pakam, sehingga saya menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat memperoleh prestasi yang membanggakan untuk MAS Alwashliyah Desa Pakam,  berharap ke depannya terus berbenah dan berprestasi lebih banyak lagi”, demikian testimoni salah seorang alumni.


Perwakilan orang tua, Ismail, menyampaikan terima kasih  kepada Guru dan Tenaga kependidikan yang selama tiga tahun ini telah memberikan motivasi bimbingan dan segala kekuatannya kepada anak-anak kita semua yang telah menyelesaikan pendidikannya dan sebentar lagi menjadi Alumni dan akan berpisah meninggalkan MAS Alwashliyah Desa Pakam.  Beliau menekankan agar para orang tua murid lebih mengutamakan memasukkan anak anaknya ke sekolah Al-Washliyah, karena begitu banyak orang orang sukses di lahirkan dari Al-Washliyah ini.


Hadir dalam kesempatan acara ini Ketua PD Alwashliyah  Kabupaten Batu Bara, H. Al-Asy'ary, S.Ag, MSi dan Sekretaris Muhammad Safri SH, Ketua PD IPA Farihin Abdillah Fattah, SE, Ketua PD GPA Ade Hamid Alfaridho, S.Sos. Orangtua Wali, Alumni, awak media dan para undangan lainnya. Dalam sambutannya, Ketua PD Alwashliyah Batu Bara mengatakan di usianya yang ke 94 tahun ini Al-Washliyah terus berbenah demi memenuhi tuntutan generasi.

“Waktu tiga tahun telah kita tempuh dengan baik, karena itu merupakan perjuangan yang sangat indah, mudah-mudahan selama tiga tahun kalian berjibaku belajar di MAS Alwashliyah Desa Pakam, mendapatkan hasil yang sangat memuaskan untuk dunia dan akhirat”, demikian kesan dan pesan yang disampaikan oleh Maisarah, mewakili alumni tahun 2023/2024



Acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda pelepasan kelas XII melalui pemberian cinderamata, pembacaan surat keputusan, pembacaan ikrar alumni, serta pemberian apresiasi dari pihak madrasah kepada peserta didik yang berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Diantara apresiasi yang diberikan kepada siswa berupa penghargaan kepada siswa yang berhasil menghafal  hadis, tahfiz, dan prestasi lainnya.


 

Sabtu, 04 Mei 2024

DAURAH HADITS ARBAIN AN-NAWAWIYAH

 


Program pemberian sanad kitab Hadits Arba'in An-Nawawi.
Daurah bersanad kitab hadits Arba'in An-Nawawi program khusus untuk kelas XII MAS Al Washliyah Pakam  Angkatan ke II.
Kegiatan ini dipersembahkan MAS Al Washliyah Pakam khusus untuk peserta didik yang memiliki minat mendapatkan ijazah sanad hadits Arba'in An-Nawawi yang dibimbing langsung oleh kepala Madrasah buya Jafar S. Ag, M.Ag.
Para peserta didik tidak hanya hafal 42 hadits mereka juga memahami maknanya sehingga layak untuk mendapatkan ijazah untuk diamalkan dan diajarkan kepada yang lain.
Perguruan Al Washliyah selalu hadir memberikan yang terbaik untuk Negeri ini.
.

Meski bernama Arba’în (berarti 40), kitab ini tak memuat hadits dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadits. Hadits-hadits tersebut berkaitan dengan pilar-pilar dalam agama Islam baik ushul (pokok) maupun furu’ (cabang), serta hadits-hadits yang berkaitan dengan jihad, zuhud, nasihat, adab, niat-niat yang baik dan semacamnya.

Hadits-hadits dalam Arbaîn Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam, atau setengahnya, atau sepertiganya berlandaskan pada hadits-hadits dalam kitab ini. Sebagaimana disebutkan dalam mukadimah kitabnya, Imam Nawawi termotivasi dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas’ud, Mu’adz bin Jabal, Abu Darda, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Anas bin Malik, Abu Hurairah, dan Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhum, dari banyak jalur riwayat yang berbeda-beda:

Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa pun di antara umatku yang menghafal empat puluh hadits terkait perkara agamanya, maka Allah akan membangkitkannya pada hari kiamat bersama golongan fuqaha dan ulama.”


Baca : Pendaftaran Siswa Baru MAS Alwashliyah Desa Pakam Tahun Pelajaran 2024/2025

Kamis, 02 Mei 2024

GALERI PERINGATAN HARDIKNAS 2024


Hari Pendidikan Nasional akan diperingati pada Kamis, 2 Mei 2024.

Hari Pendidikan Nasional adalah hari untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, tokoh pendidikan di Indonesia, yang terkenal dengan slogan Tut Wuri Handayani yang artinya di depan memberi teladan, di tengah memberikan bimbingan, di belakang memberi dorongan.



Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan , kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar. (Nadiem Makarim)